Tim Gugus Tugas Asahan Perketat Jalur Laut

Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan patroli laut di Pematang Sei Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan.
Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan patroli laut di Pematang Sei Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan.

ASAHAN, kaldera.id – Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan patroli laut di Pematang Sei Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan, Rabu (1/4/2020). Hal ini dilakukan mengantisipasi masuknya wabah virus corona dari luar Asahan.

“Kita akan memperketat masuknya pendatang melalui jalur laut atau jalur tikus di sepanjang Pematang Sei Baru,” ungkap Ketua Gugus Tugas Covid-19, Surya.

Menggunakan Kapal Patroli Milik Lanal TB/AS, Tim Gugus Tugas Covid 19 menyusuri pantai sepanjang Pematang Sei Baru.

Hal ini juga memberikan sinyal semua jalur laut sudah berada dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Covid 19.

“Dengan demikian semua warga pendatang nantinya akan diperiksa sesuai dengan SOP pencegahan penularan corona,” ungkapnya.

Danlanal TB/AS Letkol Laut P Dafris menambahkan, pihaknya akan secara rutin melakukan pemantauan di semua titik jalur di sepanjang Pantai Pematang Sei Baru yang selama ini menjadi tempat bersandarnya kapal yang mengangkut TKI maupun warga luar Asahan.

“Pasukan kita akan melakukan patroli secara rutin. Artinya secara bergantian menyilang dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Asahan,” tegasnya.

Wilayah perairan laut Asahan berada tepat di Selat Malaka yang berdekatan dengan wilayah Malaysia. Luasnya wilayah perairan laut Asahan, dan banyak jalur, membuat perairan Asahan kerap di jadikan pintu keluar masuk penyeludupan barang dan para pekerja ilegal ke Malaysia.(fendi)