Pulangkan PMI, Pemkab Asahan Gandeng Pemko Tanjung Balai

Rapat pembahasan pemulangan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia, Rabu (3/6/2020).
Rapat pembahasan pemulangan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia, Rabu (3/6/2020).

ASAHAN, kaldera.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan menggelar rapat pembahasan pemulangan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia, Rabu (3/6/2020).

Rapat ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya. Dalam rapat ini Pemkab Asahan bekerjasama dengan Pemko Tanjung Balai.

Tujuannya untuk saling bertukar informasi dan bekerjasama tentang tata cara pemulangan PMI yang telah dilakukan Pemko Tanjung Balai.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan yang juga Bupati Asahan, Surya mengucapkan, terima kasih atas kehadiran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjung Balai.

Surya juga menjelaskan, kegiatan pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan.

Pemulangan ini atas permintaan dari PMI itu sendiri melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemkab Asahan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan.

“Terkait pemulangan PMI, Pemkab Asahan akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan untuk proses pemulangan tersebut,” jelasnya. Pihaknya juga telah membuat tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia.

“Dalam pemulangan PMI ini, kami akan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga proses pemulangan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial mengatakan, dalam pemulangan PMI ini, Pemkab Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

Sehingga nantinya dalam proses pemulangan para PMI tersebut tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di Indonesia maupun di Malaysia.(fendi)