Wujudkan Swasembada Pangan, Bupati Asahan Tanam Padi Serentak

0
21
Surya melakukan penanaman padi serentak di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan.
Surya melakukan penanaman padi serentak di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan.

ASAHAN, kaldera.id – Untuk mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan, Bupati Asahan, Surya melakukan penanaman padi serentak di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Jumat (12/6/2020).

Surya mengungkapkan, komitmen pemerintah sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

“Saat pandemi Covid- 19 sekarang ini, pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar disektor pertanian, yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau dan kesejahteraan petani juga harus diperhatikan,” ungkap Surya.

Surya menjelaskan, Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan swasembada pangan.

Upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari Sei Silau untuk menaikkan debit air Sungai Bunut.

“Dengan begitu sumber air untuk persawahan di Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga dapat ditingkatkan,” jelasnya.

Dia juga berharap Surya petani di Asahan tetap mempertahankan lahan pertanian sawah, khususnya Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga.

Pemkab Asahan sendiri, di 2020 telah merealisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 hektar yang bersumber dari dana APBN seluas 1.600 hektar, APBD Sumut seluas 100 hektar dan APBD Asahan 325 hektar.(fendi)