Panusunan Pasaribu, Mantan Bupati Tapteng dan Ketua MWA USU Wafat

Panusunan Pasaribu (paling kiri) diabadikan bersama dua adiknya dan Ustadz Abdul Somad (kanan), beberapa waktu lalu.
Panusunan Pasaribu (paling kiri) diabadikan bersama dua adiknya dan Ustadz Abdul Somad (kanan), beberapa waktu lalu.

MEDAN, kaldera.id – Panusunan Pasaribu, mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) 1995-2001, meninggal dunia, Rabu (30/12/2020). Panusunan merupakan ayah dari Doli Pasaribu, Bupati terpilih Tapanuli Selatan.

Kabar duka berpulangnya Panusunan yang merupakan adik dari Bomer Pasaribu (mantan Menaker) serta abang dari Syahrul Pasaribu (Bupati Tapsel) dan Gus Irawan (Anggota DPR RI) ini pertama kali diketahui dari status Facebook Rahmad Nur Lubis.

“Umur memang tak bisa ditebak. Baru kemarin pagi kita duduk mengopi hingga siang, dan tadi malam masih mengirim WA, rupanya pagi ini Allah SWT telah memanggilmu kembali.”

“Selamat jalan bang Panusunan Pasaribu. Abang terbaik yang pernah aku kenal. Innalillahi wainna ilaihi rojiun,” ujar Rahmad sembari mengunggah kebersamaannya dengan Panusunan Pasaribu. Ia kemarin, memang baru saja bersama Panusunan di sebuah warung kopi di Padangsidimpuan.

Kepergian Panusunan yang sangat aktif bersilaturahim ini juga dirasakan Armin Nasution. Pimred Kaldera.id, yang merupakan sahabat almarhum sejak aktif sebagai Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Satu org paling baik akhirnya berpulang. Terkejut mendengar kabarnya pagi ini. Dari sejak jd reporter dia hampir selalu hadir dan peduli. Bahkan untuk semua orang yg dikenalnya. Bapak Panusunan Pasaribu orang baik, aq bersaksi. Smoga mendapat tempat terbaik di sisiNYA. Tak ada kata dan ucapan yg bisa membalas semua kebaikan. Aminn YRA,” kata Armin.

Belasungkawa PWI Sumatera Utara

Ketua PWI Sumut H Hermansjah pun mengaku terkejut dengan berpulangnya Panusunan Pasaribu. Sebab, Selasa malam (29/12/2020), Panusunan masih bercengkrama dengan sejumlah pengurus PWI yang hadir dalam acara Raker PWI Tabagsel di Hotel Mega Permata Padangsidimpuan. “Kami berduka,” kata Hermansjah.

Almarhum Panusunan Pasaribu, sempat juga berfoto mendampingi Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dan Ketua Komisi XI DPR RI Gus Irawan menyerahkan cenderamata kepada Ketua PWI Sumut Hermansjah pada acara penutupan Raker PWI Tabagasel di Padangsidimpuan, Selasa (29/12/2020).

Panusunan Pasaribu lahir pada 22 Juni 1946. Menjadi PNS Pemprovsu sejak 1974. Pada 1984, dia sudah menjadi Sekretaris Bappeda Sumut. Pada 1992, Panusunan menjabat sebagai Sekda Simalungun lalu pada 1995 hingga 2001 ia menjabat Bupati Tapanuli Tengah. Dari sini, ia kembali ke Pemprovsu dengan menjadi Kadis Pendapatan Provsu 2003-2006. Setelah pensiun, Panusunan sempat juga menjadi Ketua MWA USU hingga 2020.(f rozi)