Catat, Vaksinasi Pertama di Sumut Dimulai 14 Januari 2021

Gubsu Edy menerima vaksin Covid 19 yang tiba di Medan, Selasa (5/1/2021)
Gubsu Edy menerima vaksin Covid 19 yang tiba di Medan, Selasa (5/1/2021)

MEDAN, kaldera.id- Sebanyak 40 ribu dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Sumut, Selasa (5/1/2021) pagi. Program vaksinasi tahap pertama ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 14 Januari 2021 ini.

“Tanggal 14 sudah harus mulai,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi usai menerima vaksin di rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Selasa.

Edy mengatakan, kebutuhan untuk seluruh kab/kota di Sumut harusnya mencapai 72.400 sesuai yang diajukan ke pemerintah pusat. Namun, Pemprovsu baru menerima sebanyak 40 ribu dosis. Meski begitu, Edy sudah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk bisa menangani vaksin dengan jumlah terbatas itu.

“Tapi yang ada sekarang 40 ribu. Nah, 40 ribu ini nanti akan diatur oleh Kadis Kesehatan kepada fokus orang-orang yang menangani kontak langsung kepada pasien Covid di rumah sakit. Ini perintah saya, dan akan segera dipelajari dan dilakukan pelaksanaan vaksinasi,” ujar Mantan Pangkostrad itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit menyebut, seluruh vaksin yang tiba akan difokuskan kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Sedangkan untuk lokasi vaksinasi, kata Alwi masih dalam proses pertimbangan.

“Yang pertama kali mendapatkan vaksin tenaga kesehatan, semuanya tenaga kesehatan. Untuk tempat kita belum sampai kesitu, nanti, tapi ya pasti di tempat yang memang ditunjuk tempat vaksin.

Ia berharap, pada proses vaksinasi tahap pertama ini bisa dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh kesehatan, organisasi profesi dan juga unsur pimpinan daerah. (finta rahyuni)