Site icon Kaldera.id

Ada Sesuatu, KASN Klarifikasi Pansel Eselon II Pemprovsu

Asisten KASN Wilayah II, Kusen Kusdiana

Asisten KASN Wilayah II, Kusen Kusdiana

MEDAN, kaldera.id- Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyebut dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan panitia seleksi (Pansel) Sumut terkait seluruh tahapan seleksi.

“Evaluasi terkait dengan proses pelaksanaan dari awal sampai akhir. Ada sesuatu yang harus kami diskusikan dulu dengan panselnya. Kami akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pansel yang sudah diagendakan Minggu ini,” kata Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2, Kusen Kusdiana kepada kaldera.id, Selasa (5/1/2021).

Kusen menyebut, koordinasi ini tidak rutin dilakukan oleh KASN. Namun, katanya ada hal yang perlu di klarifikasi oleh KASN kepada Pansel.

“Pengkajian, agar semuanya valid. Sehingga pimpinan KASN akan melaksanakan klarifikasi. Ada yang perlu dipertanyakan kepada Pansel terkait seluruh tahapan,” jelasnya.

Sementara itu, terkait hasil asesmen Eselon II yang sudah diserahkan oleh Pemprovsu, Kusen menyebut masih dalam proses analisis oleh KASN untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

“Sedang kami analisa kembali ya, kami analisa dulu untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Sebelumnya, KASN juga meminta kepada pansel untuk transparan dalam proses lelang jabatan.

“Intinya jika semua dapat dipertanggungjawabkan, silakan dibuka. Apakah itu tidak memenuhi kriteria, misalnya, silakan. Yang penting dapat dipertanggungjawabkan ke publik,” ujar Kusen, Senin (28/12/2020).

Pertanggungjawaban juga termasuk kepada orang-orang yang ikut dalam seleksi tersebut. Sehingga ke depan tidak ada lagi yang berpandangan negatif tentang pelaksanaan seleksi di Pemprovsu. “Apalagi pansel yang membentuk gubernur. Pansel dibentuk dengan pertimbangan punya kompetensi,” terangnya.

Menurutnya setiap tahapan ada dalam ketentuan, bahwa pansel harus menyampaikan ke publik. Baik itu menyangkut penilaian dan sebagainya.

“Pada saat seleksi terbuka, tahapan apa saja yang mau dipublikasikan. Misalnya seleksi administrasi, tahap penulisan makalah, sampai hasil tiga besar siapa-siapa saja. Itulah salah satu yang KASN tunggu,” terangnya. (finta rahyuni)

Exit mobile version