Hari ini, Gubernur dan Forkompinda Sumut Divaksin Covid-19

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi dipastikan akan menjadi orang pertama kali di vaksin Covid-19. Edy bersama unsur Forkompinda lainnya secara bergantian akan divaksin di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (14/1/2021) pukul 10.00 WIB.

Sebelum divaksin, gubernur terlebih dahulu akan diperiksa di tiga meja yang berbeda secara bertahap. Meja pertama dilakukan pemeriksaan swab antigen. Kedua, pemeriksaan PTM (penyakit tidak menular), dan ketiga Inform concern yaitu, persetujuan tindakan medis.

“Jadi tidak datang langsung disuntik, kita akan lakukan screaning dulu. Kepada orang-orang yang akan dilakukan vaksinasi nanti minta persetujuan nya tertulis dan dia akan tandatangani disitu,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah kepada wartawan.

Dalam proses vaksinasi akan ada dua orang dokter yang bertugas. Satu dokter ditugaskan untuk menyiapkan vaksin dan satu lagi bertugas untuk menyuntikkan vaksin.

BACA JUGA :  Gubsu Kembali Perpanjang PPKM Hingga 14 Maret 2021

“Jadi tidak dia sendiri yang menyiapkan vaksin, karena kan butuh kesterilan,” jelasnya.

Dalam rangka mengantisipasi adanya kejadian darurat kepada yang divaksin, kata Aris pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus untuk menangani itu.

“Kita siapkan, besok ada 1 tempat khusus untuk penanganan pasien pasien yang KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi), baik yang ringan atau berat,” pungkasnya.

Selain gubernur, unsur Forkompinda dan pejabat lainnya seperti Kapolda, Pangdam, Kajati, Ketua pengadilan, Ketua DPRD, Ketua IDI dan Kadis kesehatan juga turut ikut divaksin.

Proses vaksinasi perdana ini akan disiarkan secara langsung di akun YouTube dan Instagram Humas Sumut. Selain itu masyarakat juga bisa menyaksikan melalui media nasional TV One dan TVRI.(finta rahyuni)