Baskami Dorong KMDT Kembangkan Danau Toba Lewat Aksi Nyata

Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mendorong Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mempercepat pengembangan kawasan Danau Toba melalui rencana aksi program yang nyata dan tepat sasaran.
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mendorong Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mempercepat pengembangan kawasan Danau Toba melalui rencana aksi program yang nyata dan tepat sasaran.

BALIGE, kaldera.id- Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mendorong Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mempercepat pengembangan kawasan Danau Toba melalui rencana aksi program yang nyata dan tepat sasaran.

Dorongan itu disampaikan Baskami Ginting selaku Dewan Penasehat Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Labersa, Balige, Kabupaten Toba, Jumat (9/4/2021).

“Harapan saya semoga acara ini berjalan lancar dan agar KMDT dapat mendukung perbaikan Danau Toba. Ini adalah rumah kita dan Danau Toba adalah milik Dunia. Kita bertanggung jawab melestarikannya,” ujar Politisi PDIP itu.

Baskami mengatakan, Danau Toba sebagai ikon baru pariwisata Indonesia berbasis keindahan alam termasuk dalam 5 Destinasi Superprioritas di Sektor Pariwisata. Dengan begitu, kata Baskami pembangunan infrastruktur Danau Toba harus terus dikembangkan.

“Semua pihak harus secara konsisten terus mendorong serta memberi masukan kepada pemerintah baik di pusat maupun daerah terkait pengembangan Danau Toba. Kami tentu berharap semua masukan yang diberikan bisa memperkaya gagasan dan rencana pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia,” jelas Baskami.

Kegiatan Rakernas ini dalam rangka mendukung percepatan pembangunan Danau Toba menjadi destinasi mendunia. Selain Ketua DPRD Sumut, pada acara tersebut juga dihadirkan secara virtual sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju II antara lain, Luhut Binsar Panjaitan (Menko Marinves), Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian), Teten Masduki (MenkopUKM), Sandiaga Uno (Menparekraf), dan Agus Gumiwang Kartasasmita (Menperin).

Selanjutnya Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI dan Ketua Dewan Pembina DPP KMDT), Azis Syamsudin (Wakil Ketua DPR RI), dan Oesman Sapta Odang (mantan Ketua DPD RI yang juga Ketua Dewan Penasihat DPP KMDT). (finta rahyuni)