Ketua DPRDSU Sesalkan Minimnya Perhatian Pemkab Karo Terhadap Atlet

Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mengapresiasi perjuangan atlet-atlet Kabupaten Karo yang mampu mengharumkan nama daerah walau tidak mendapatkan dukungan anggaran dari APBD Karo.
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mengapresiasi perjuangan atlet-atlet Kabupaten Karo yang mampu mengharumkan nama daerah walau tidak mendapatkan dukungan anggaran dari APBD Karo.

KARO, kaldera.id- Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mengapresiasi perjuangan atlet-atlet Kabupaten Karo yang mampu mengharumkan nama daerah walau tidak mendapatkan dukungan anggaran dari APBD Karo.

Hal itu disampaikan Baskami Ginting saat melaksanakan Sosialisasi Peraturan Provinsi No 1 tahun 2020 tentang keolahragaan di Halaman Sekretariat KONI Kabupaten Karo Kompleks Stadion Samura Kabanjahe,Kamis (19/08/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Wakil Ketua Umum II H Sakiruddin, Sekretaris Umum Chairul Azmi Hutasuhut, serta Wakil Ketua Bidang Organisasi Muhammad Zeinizen.

Kemudian, Wakil Bupati Theofilus Ginting, Kepala Bappeda Karo, Ketua KONI Karo, serta jajaran pengurus KONI Karo , para pengurus cabor dan pengurus koordinator kecamatan se- Kabupaten Karo.

Oleh karena itu Baskami meminta Pemkab Karo memasukkan anggaran pembinaan olahraga mengingat selama ini prestasi atlet Karo cukup menjanjikan seperti, Juara Umum Kedua Porprovsu 2015 dan 2019 Juara Umum Ketiga tanpa ada bantuan dana dari APBD Karo.

‘’Apalagi untuk PON Papua saya dengar ada 12 atlet Karo membawa nama Sumut, ini wajib jadi perhatian,’’ ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Atas itu, Baskami mendesak Pemkab Karo agar serius dalam menangani prestasi olahraga karena menurutnya nama daerah pasti terangkat.

Pada kesempatan itu Baskami Ginting menyampaikan jika Peraturan Provinsi No 01 tahun 2020 merupakan hak inisiatif dewan yang merupakan implementasi dari keberhasilan Sumut dan Aceh memenangkan perjuangan menjadi tuan rumah PON 2024.

Baskami meminta kepada Pemkab Karo agar segera membuat Perda yang sama agar sinergitas peraturan provinsi dapat terwujud. Ia berjanji akan mendorong rekan-rekannya di Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karo menjadi inisiator pembuatan Perda Keolahragaan.

Wakil Bupati Theo Ginting dalam kesempatan itu berjanji akan memperjuangkan anggaran pembinaan olahraga dalam APBD Karo. Ia sangat mengapresiasi perjuangan Ketua DPRD Sumut dan Ketua Umum KONI Sumut dalam menggelorakan Perda Keolahragaan di Sumut demi melindungi para pelaku olahraga.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis pada paparannya menyampaikan terbentuknya Peraturan Provinsi tentang keolahragaan merupakan turunan dari UU sistem keolahragaan nasional.

Ia mendorong Pemkab Karo agar menyiapkan Perda keolahragaan dengan merujuk kepada Perda yang sama di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Manfaat Perda dimana tugas dan wewenang dari Pemerintah. Tanggungjawab Pemda, dalam hal pembinaan dan pengembangan olahraga, pendidikan, prestasi dan disabilitas. Selain itu Perda juga untuk perlindungan kepada pelaku olahraga harus dilaksanakan,” kata John.

John Ismadi juga menyampaikan rencana pengembangan kawasan olahraga baru di Siosar yang nanti diantaranya akan dibangun lintasan atletik dengan tartan diketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut.

“Dengan keberadaan lintasan tartan ini Karo menjadi gudang atlet atletik bukan hanya bagi Sumut tapi juga bagi Indonesia,’’ sebut John Ismadi. (finta rahyuni)