SPEKSI MANTAP Jadi Pilot Project Pemungutan Pajak Bermotor di Sumut

Bupati Langkat,Terbit Rencana PA berfoto bersama usai penandatanganan MoU SPEKSI MANTAP di Kantor Bupati Langkat belum lama ini
Bupati Langkat,Terbit Rencana PA berfoto bersama usai penandatanganan MoU SPEKSI MANTAP di Kantor Bupati Langkat belum lama ini

LANGKAT, kaldera.id – Dinas Perhubungan Langkat sosialisasikan strategi peningkatan uji kendaraan melalui kerjasama dengan sistem administrasi manunggal satu atap (SPEKSI MANTAP) di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (7/9/2021). Ini bertujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penerapan ini disepakati melalui penandatanganan MoU) SPEKSI MANTAP oleh Kadis Perhubungan Kabupaten Langkat, Muliyono dengan Kepala Badan Pengelola Pajak Retribusi Daerah Pemprovsu, Achmad Fadly yang disaksikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA.

Muliyono menjelaskan, strategi peningkatan uji kendaraan dapat meningkatkan jumlah kendaraan bermotor (angkutan umum dan barang) yang melakukan pengujian.

Sehingga dapat meningkatkan PAD yang membawa Kabupaten Langkat semakin maju dan sejahtera sesuai visi misi Pemkab Langkat.

Sedangkan manfaatnya bisa meningkatnya koordinasi lintas sektoral. Mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Meningkatnya keamanan, kenyamanan serta kepercayaan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum.

“Itu manfaat dan tujuan jangka panjangnya, selain meningkatkan PAD,” terangnya.

Untuk manfaat jangka menengahnya, terang Mulyono, terjaringnya kendaraan angkutan umum yang wajib uji. Serta meningkatnya kinerja ASN dilingkungan Dinas Perhubungan.

Sementara manfaat jangka pendeknya, terlaksananya MoU antara Dinas Perhubungan dengan SAMSAT Kabupaten Langkat. “Terlaksananya sosialisasi bagi pemilik kendaraan angkutan umum dan angkutan barang,” katanya.

Kepala Badan Pengelola Pajak Retribusi Daerah Pemprovsu, Achmad Fadly menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi project perubahan ini. Project ini menurutnya, sangat sejalan dan signifikan sekali dengan pihaknya, sebagai pemungutan pajak angkutan bermotor.

“Adanya project perubahan ini sangat signifikan sekali terhadap kami sebagai pemungutan pajak angkutan bermotor,” sebutnya.

Untuk itu, kata Achmad Fadly, pihaknya berencana akan menjadi Inovasi SPEKSI MANTAP ini sebagai pilot project untuk diberlakukan diseluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA mengatakan, program SPEKSI MANTAP ini untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan transportasi angkutan yang aman, nyaman dan lancar.

“Keselamatan adalah harga mati tidak bisa ditawar,” cetus Bupati.

Dia berharap program ini dapat sukses dan berjalan sesuai yang diharapkan, yakni meningkatkan pelayanan transportasi dan menjadi salah satu solusi menekan ataupun mengurangi angka kecelakaan lalulintas.

Senada, Ketua DPRD Langkat Sribana PA juga memberikan apresiasi atas inovasi Dishub Langkat. Ia meyakini inovasi SPEKSI MANTAP meningkatkan kesejahteraan Langkat dari hasil penambahan PAD nya.

“Melalui SPEKSI MANTAP, semoga pembangunan Langkat semakin maju dan bermartabat,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Langkat Indra Salahuddin, para kepala perangkat daerah Pemkab Langkat, dan lainnya. (efri)