Bantu Arm Roll ke Pemkab Karo, Inalum Ajak Warga Cegah Penerbangan Liar

PT Indonesia Asahan Aluminium (persero) Inalum menyerahkan 5 unit arm roll ke Pemkab Karo, Sumatera Utara.
PT Indonesia Asahan Aluminium (persero) Inalum menyerahkan 5 unit arm roll ke Pemkab Karo, Sumatera Utara.

KABANJAHE, kaldera.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (persero) Inalum menyerahkan 5 unit arm roll ke Pemkab Karo, Sumatera Utara.

Bantuan diserahkan langsung Direktur Pelaksana Inalum, Sophia I Wattimena kepada Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang di Kantor Bupati Karo, kemarin.

Bantuan tersebut merupakan bentuk sinergi Inalum bersama Pemkab Karo dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya penanggulangan dan pengelolaan sampah.

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan, bantuan 5 unit arm roll ini sangat membantu pihaknya dalam pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah di Kabupaten Karo ini masih dalam proses meninggalkan paradigma lama. Nama baiknya Karo berkurang karena pengelolaan sampah yang tidak baik. Tentu kami sangat berterima kasih kepada Inalum atas bantuan yang diberikan,” katanya.

Arm roll merupakan kendaraan khusus menyerupai container yang berfungsi mengangkut sampah ke dump truk tanpa harus memindahkan sampah tersebut secara manual. Dia menambahkan, pihaknya terus bekerja keras dalam pengelolaan sampah.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Inalum, Sophia I Wattimena mengungkapkan, Inalum sebagai BUMN memiliki kewajiban untuk turut membantu pemerintah dalam pembangunan daerah.

Inalum berupaya secara nyata untuk memberikan kontribusi

Untuk itu Inalum berupaya secara nyata untuk memberikan kontribusi, salah satunya dalam penyaluran bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR seperti saat ini.

“Pada kesempatan ini kami akan menyerahkan bantuan CSR yang mendukung pembangunan lingkungan dan sosial yaitu kontribusi berupa kendaraan motor roda tiga pengangkut sampah, kelengkapan mitigasi bencana dalam bentuk dukungan kelengkapan sarana dan prasarana dapur umum serta bantuan meubeler kepada salah satu sekolah di Karo,” ungkap Sophia.

Sophia menambahkan, Kabupaten Karo, tepatnya Kecamatan Merek merupakan salah satu daerah tangkapan air Danau Toba. Kawasan ini menyumbang peningkatan debit air Danau Toba sebagai sumber air yang mengalir melalui Sungai Asahan yang dimanfaatkan untuk memutar turbin PLTA Inalum.

Jadi, Kabupaten Karo memiliki peranan penting bagi keberlangsungan Inalum.
“Kami mengajak masyarakat di Karo untuk turut bersama menjaga kelestarian lingkungan, terutama menjaga hutan kita dari penebangan liar. Kami memohon kepada masyarakat di Karo agar turut menciptakan gerakan menanam pohon untuk kelestarian Danau Toba,” tambahnya. (ali)