Pedagang Pasar Pangkalan Brandan Segera Direlokasi

Pemkab Langkat sosialisasikan penataan Pasar Pangkalan Berandan di Kecamatan Babalan, Langkat, Jumat (27/1/2022).
Pemkab Langkat sosialisasikan penataan Pasar Pangkalan Berandan di Kecamatan Babalan, Langkat, Jumat (27/1/2022).

LANGKAT, kaldera.id – Pemkab Langkat sosialisasikan penataan Pasar Pangkalan Berandan di Kecamatan Babalan, Langkat, Jumat (27/1/2022). Sosialiasi ini bertujuan agar pedagang semakin tertib dalam menggelar lapak berdagang.

Sosialisasi ini dipimpin langsung Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Sukhyar Mulyamin bersama dinas terkait. Sukhyar meminta para pedagang menggelar dagangannya di tempat yang telah disediakan.

“Kami berharap tidak ada oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan pengutipan atau menyewakan lapak yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, dilakukan pembicaraan untuk merelokasi (pemindahan) sementara beberapa pedagang. Sebab, keberadaan pasar sangat padat. Hal ini dimanfaatkan warga dari empat kecamatan yakni, Kecamatan Babalan, Sei Lepan, Berandan Barat dan Kecamatan Besitang.

Dia menambahkan, pedagang sayur akan direlokasi sementara di Taman Bunga. Sementara pedagang ikan akan di tempatkan di Lorong Gandi dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sembari menunggu pembenahan, perbaikan dan penataan yang diperkirakan memakan waktu 6-7 bulan.

Camat Babalan Aprianta Sitepu menambahkan, pihaknya melalui kelurahan akan menyurati secara resmi para pedagang agar bersedia dan kooperatif untuk ditata ulang.

Para pedagang sendiri berharap pengamanan serta tindakan tegas pemerintah terhadap oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memonopoli dan melakukan pengutipan liar yang meresahkan.(ali)