Pinang Sori Diguncang Gempa Tektonik M=4,9

0
129
Pinang Sori Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 4,9
Pinang Sori Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 4,9

 

MEDAN, kaldera.id – Warga Pinang Sori, Tapanuli Tengah diguncang gempa tektonik berkekuatam M=4,9 sekitar Pukul 04:17:12, Selasa (1/8/2022).

Berdasarkan keterangan dari BMKG, episenter terletak pada koordinat 1.49 LU dan 98,87 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km tenggara Tapanuli Tengah, Sumatera Utara pada kedalaman 83 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh Subduksi di bagian barat pulau sumatera.

Masih berdasarkan data BMKG hasil keterangan masyarakat, kejadian ini cukup dirasakan masyarakat setempat. Getaran seperti truk bermuatan berat nelintas di badan jalan.

Hingga pukul 05:50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(red)