Prodi Sosiologi Agama Perkuat Moderasi Beragama Generasi Muda

Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumatera Utara menyelenggarakan pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri Tanjung Tiram Batubara.
Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumatera Utara menyelenggarakan pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri Tanjung Tiram Batubara.

 

BATUBARA, kaldera.id – Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumatera Utara menyelenggarakan pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri Tanjung Tiram Batubara.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah moderasi beragama untuk keharmonisan Masyarakat.

Pilihan terhadap tema ini adalah merespon wacana-wacana yang tidak produktif dan bermuatan konflik. Oleh karena itu untuk mengkounter wacana tersebut penting mengembangkan wacana moderasi beragama untuk menjaga stabilitas, harmoni, dan kohesi sosial.

Muhammad Irfan, M. Hum, pembicara pada penyuluhan tersebut mengatakan penting bagi generasi muda untuk mengembangkan wawasan moderasi beragama agar tidak terjerumus pada sikap ekstrem dan bahkan anti pemerintah. Sementara itu, Purjatian Azhar, M. Hum, selaku pembicara lainnya menyarankan agar generasi muda mengembangkan sikap toleransi dan dan tenggang rasa, tidak mudah terprovokasi dan emosional.

BACA JUGA :  Kabareskrim Bantah Terlibat Tambang Ilegal di Kaltim, DPP KNPI Minta Ini ke Presiden Jokowi

Agenda PKM ini terselenggara berkat kerjasama prodi SA FIS UIN Sumatera Utara dengan SMA Negeri 1 Tanjungtiram Batubara.

Dihadiri oleh Kepala sekolah Muhammad Kamil, SPdI, MA, dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Prodi SA FIS UIN SU yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pengabdian. Kegiatan ini sangat berguna bagi siswa kami di sini.

Kaprodi SA Dr. Sakti Ritonga, MPd, dan jajarannya, dalam sambutannya mengatakan sengaja memilih sekolah ini karena masuk dalam area kajian prodi yaitu Sosiologi maritim. Ini juga target kemitraan kami dalam mengembangkan pemberdayaan masyarakat pesisir di Sumatera Utara.(efri/red)