Seleksi Calon Peserta PPAN, Ini Pesan Kadispora Sumut

0
171
Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut, Fahri Azhari, berfoto bersama peserta Seleksi Calon PPAN.(kaldera/HO)
Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut, Fahri Azhari, berfoto bersama peserta Seleksi Calon PPAN.(kaldera/HO)

MEDAN, kaldera.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) gelar seleksi calon peserta program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Sumut tahun 2023 di Aula Kantor Dispora Sumut, pada 1 April 2023.

Kegiatan ini dihadiri Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi didampingi Kabid Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan Fahri Azhari SSTP MSP, Analis Kebijakan (Seksi Pengembangan Pemuda) Dwi Widodo SH, Perencana (Seksi Penyadaran Pemuda) Raikhana Syahbi SE, dan Analis Kebijakan Ahli Muda (Seksi Pemberdayaan Pemuda) Suhartini SKom.

Baharuddin menyebut kegiatan ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia memperluas pengetahuan dan wawasan dalam menghadapi tantangan global dimasa mendatang.

“Peserta seleksi yang lulus harus mampu menjadi duta promosi bagi perwakilan di negara tujuan serta meningkatkan kerja sama antara pemuda Indonesia dengan negara lain,” katanya, dalam siaran pers yang diterima, kemarin.

Baharuddin Siagian berpesan kepada seluruh peserta agar tetap bersemangat, tingkatkan potensi diri, raih cita-cita. Jadilah generasi yang peka terhadap perubahan dan kemajuan di bidang informasi dan teknologi untuk mengejar tingkat kecakapan hidup (life skill), hindari perilaku sosial yang menyimpang seperti kenakalan remaja, narkoba, pergaulan bebas, dan lainnya.

“Saya kembali mengingatkan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti seleksi. Jangan berharap ada yang bisa membantu atau membuat saudara lulus, karena hanya pengetahuan dan kemampuan sendiri yang dapat meluluskan kalian berdasarkan hasil seleksi yang objektif dan transparan,” pesannya.

Kegiatan seleksi calon peserta PPAN Sumut ini juga dihadiri Ketua Forum Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumut dan pengurus lainnya serta serta tim seleksi beserta undangan lainnya.

Pererat Kerjasama Pemuda

Kabid Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan, Fahri Azhari, menambahkan, program PPAN ini juga bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda Indonesia dan pemuda dari negara tujuan serta meningkatkan rasa saling pengertian antara generasi muda Indonesia dengan negara tujuan.

Selain itu, juga untuk menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan internasional serta mampu menciptakan jaringan informasi komunikasi bisnis.

Dikatakan, peserta seleksi calon PPAN tahun 2023 terdiri dari Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) dan Singapore Indonesia Yuoth Leaders Exchange Programme (Siylep).

Ini merupakan upaya pembinaan generasi muda yang memerlukan proses pembelajaran berkesinambungan, terarah dan dapat diimplementasikan melalui kegiatan ke arah pembinaan sesuai inti pola dasar pelayanan kepemudaan meliputi penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda sesuai dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.(efri/rel)