Alasan PDIP Usung Kader Di Pilkada 2020

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri.
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri.

JAKARTA, kaldera.id- PDI Perjuangan mengumumkan 49 pasangan calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020. Dari sejumlah nama tersebut, mayoritas adalah kader dan juga petahana.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri mengatakan, partainya memang mendahulukan kader dan petahana dalam pencalonan di pilkada. Para kepala daerah petahana ini diminta tetap menjaga diri dan tak santai.

“Saya selalu ingin cari pemimpin mumpuni. Karena tentunya bukan pemimpin agama dan kebudayaan, walaupun unsur itu harus ada. Sebab tanpa agama dan budaya, kehidupan tak ada. Yang jelas saya melihat mereka ini sudah melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Megawati, Jakarta, Rabu (19/2/2020) seperti dilansir liputan6.com.

Megawati mengingatkan para calon petahana ini tak kehilangan semangat bekerja. Sebab gejala pelemahan fighting spirit itu sudah dilihatnya.

“Jangan kehilangan fighting spirit dalam kerjanya. Kalau tidak kita akan masuk perangkap, bahwa akibat kemapanan, sehingga hanya merasakan kenyamanan tapi melupakan kerja itu sendiri,” tegas Megawati.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, prestasi para kepala daerah petahana jadi pertimbangan untuk dimajukan kembali oleh partainya. Sebagai contoh, di Kota Semarang, pihaknya melihat pasangan Hendrarprihadi-Ira mampu merubah kota itu menjadi lebih hijau.

“Jadi memang mereka berprestasi,” kata Hasto.
PDIPmemasang target kemenangan hingga 60 persen di pilkada serentak 2020. Maka itu pula, pihaknya lebih memilih dengan calon petahana yang berprestasi sekaligus punya kemampuan untuk merangkul kekuatan politik lainnya.

“Karena mereka ini incumbent, tentu saja mereka punya tugas untuk merangkul juga kekuatan politik lain,” pungkasnya.(finta rahyuni)