Calon PPS Pilkada Medan Ikuti Tes Wawancara

Calon PPS Pilkada Medan Ikuti Tes Wawancara
Calon PPS Pilkada Medan Ikuti Tes Wawancara

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 731 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 21 Kecamatan di Medan mengikuti ujian wawancara di P4TK Kecamatan Helvetia Medan, Rabu (11/3/2020).

Ujian wawancara dimulai dari pukul 08.00 WIB dan dibagi dalam beberapa gelombang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Edi Suhartono kepada wartawan mengungkapkan, para calon PPS akan diwawancarai langsung personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tempatnya bertugas.

“Bagi kecamatan yang memiliki kelurahan lebih dari lima maka, PPK bersangkutan akan membuat panel supaya calon PPS selesai diwawancarai,” ungkapnya.

Dari 731 calon PPS tersebut KPU Medan akan mengambil 453 calon untuk menjadi petugas PPS atau masing-masing tiga orang perkelurahan (151 kelurahan).

Ketua KPU Medan, Agusyah Ramadani Damanik yang membuka kegiatan seleksi ujian wawancara dalam arahannya kepada para peserta ujian mengatakan, para peserta mengikuti ujian dengan tertib.

Dirinya juga berharap, agar para peserta yang telah mempersiapkan diri dengan baik dapat memberikan jawaban dengan tepat.

Seleksi Calon PPS Pilkada Medan

“Kita berharap dengan seleksi penjaringan PPS yang dilakukan dengan ketat akan menghasilkan PPS yang memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan dan memiliki integritas yang tinggi,” ujar Agus.

Disebutkannya lagi, untuk Pilkada Kota Medan bertindak selaku tim penguji diserahkan kepada PPK ditiap – tiap kecamatan dengan materi ujian terkait rekam jejak PPS serta tugas, wewenang dan kewajiban PPS.

Namun demikian, materi ujian wawancara dapat diperluas dengan materi lainnya yang ada hubungannya tentang penyelenggaraan.

Terkait hasil seleksi wawancara PPS yang kemungkinan akan diumumkan pada tanggal 15 Maret mendatang, Agus secara tegas mengatakan nama nama PPS terpilih akan ditentukan oleh KPU Medan.

“Dalam artian, meskipun PPK yang menguji kemampuan PPS tapi PPK tidak dapat menentukan nama PPS terpilih. Sifatnya hanya rekomendasi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan,” tegasnya.

Dilokasi ujian, Ketua PPK Medan Perjuangan, Rusdianto yang ditemui disela sela kegiatan menyebut, dari jumlah 46 peserta yang mengikuti wawancara terdapat dua peserta yang tidak hadir mengikuti ujian.

“Kami sudah menghubungi peserta ujian, tapi tidak mendapat jawaban,” ujarnya.

Disebutkanya, dari peserta ujian yang mengikuti wawancara didominasi wajah baru yang mana sebahagian mahasiswa.

“Kami cukup bangga dengan kehadiran para mahasiswa yang mengikuti ujian PPS. Kami juga berharap antusias warga Kota Medan dalam pilkada ini akan meningkat dari sebelumnya,” serunya. (reza sahab)