Sambangi Pelaku UMKM di Marelan, Aulia Rachman Ajak Warga ke TPS

Cawa Walikota Medan, Aulia Rachman, saat menemui pelaku UMKM di Marelan. (ist)
Cawa Walikota Medan, Aulia Rachman, saat menemui pelaku UMKM di Marelan. (ist)

MEDAN, kaldera.id – Calon Wakil Walikota Medan nomor urut 2, Aulia Rachman menyambangi pelaku UMKM keripik singkong yang berada di Gang Nangka Lingkungan 6, Kelurahan Terjun, Medan Marelan, Rabu (25/11/2020).

Pendamping Bobby Nasution ini melihat langsung proses pembuatan keripik singkong di salah satu industri rumahan di kawasan tersebut. Mila,40, salah satu pelaku UMKM kripik singkong menuturkan, usaha ini telah dirintisnya sejak 10 tahun lalu.

Dalam memproduksi makanan ringan tersebut, dirinya dibantu tiga orang karyawan. “Inilah sumber penghasilan kami Pak,” ucap Mila kepada Aulia.

Dikatakan Mila, proses pembuatan keripik masih dengan alat seadanya dan menggunakan lilin. Keripik yang sudah dikemas, selanjutnya dipasarkan ke sejumlah kios dan grosir di Medan dan sekitarnya.

Dalam sehari, mereka mampu memperoleh penghasilan hingga Rp300.000. Keluhan yang dirasakan saat ini, minimnya perhatian Pemko Medan terhadap para pelaku industri kecil. Mulai dari bantuan modal sampai fasilitas pendukung lainnya. “Selama ini tak pernah kami mendapatkan bantuan dari pemko, Pak,” keluh Mila kepada Aulia.

BACA JUGA :  Wujud Syukur Atas Kemerdekaan, Pemko Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Melihat proses pembuatan keripik yang masih menggunakan cara manual itu, Aulia Rachman berjanji akan membantu tersedianya alat untuk pelaku UMKM di kawasan tersebut. “Proses pembuatannya masih sangat manual. Seharusnya sudah ada alatnya. Kedepan, kami (akan bantu, tetap semangat ya buk,” ungkap Aulia.

Aulia menuturkan, dirinya bersama Bobby ingin fokus dalam program pemberdayaan UMKM, baik berupa modal, pelatihan, peralatan, pengepakan serta proses penjualannya. “Saya doakan kita semua sehat-sehat agar bisa datang ke TPS dan coblos no 2. Supaya apa yang menjadi harapan warga terwujud,” tandas Aulia.(reza sahab)