Airlangga Hartarto, resmi mengundurkan diri dari Ketum Partai Golkar, Minggu (11/8/2024). Ini menjadi sejarah bagi Partai Golkar, ketumnya mundur dari jabatan.(HO/kaldera)
Airlangga Hartarto, resmi mengundurkan diri dari Ketum Partai Golkar, Minggu (11/8/2024). Ini menjadi sejarah bagi Partai Golkar, ketumnya mundur dari jabatan.(HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Airlangga Hartarto mengejutkan publik dengan menyatakan mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar. Ada sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi calon ketua umum menggantikan Airlangga Hartarto.

Politikus Partai Golkar Andi Sinulingga buka suara terkait caketum Golkar yang mencuat usai Airlangga Hartarto mundur. Dia awalnya menyebut ada tiga nama yang sejauh ini muncul di internal Golkar.

“Nama-nama yang beredar itu ada Agus Gumiwang, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Bahlil (Lahadalia),” kata Andi Sinulingga seperti dilansir detik.com, Minggu (11/8/2024).

Selain ketiga nama itu, Andi menyebut Waketum Golkar Bidang Kepartaian Kahar Muzakir mulai mencuat. Namun, dia mengatakan dukungan para kader Golkar mayoritas internal Golkar mengarah ke Agus Gumiwang Kartasasmita, Bambang Soesatyo, dan Bahlil Lahadalia.

“Ketiga nama tadi (deras dukungan), lebih deras lagi arus, yang saya dengar, ke Bahlil,” ujar dia.

Untuk diketahui, Airlangga Hartarto menyampaikan pengunduran dirinya dari Ketum Partai Golkar. Pengunduran ini sudah berlaku sejak Sabtu (10/8) malam kemarin.

Sebelumnya, Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet juga sempat buka suara terkait bursa caketum Partai Golkar. Bamsoet mengatakan namanya juga masuk bursa tersebut.

Selain dirinya, Bamsoet menyebutkan nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita masuk bursa caketum Golkar.

“Ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya,” kata Bamsoet di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3) lalu.(dtc/red)