Joker jadi Napoleon Bonaparte di Film Kitbag

JAKARTA, kaldera.id – Pemeran Joker, Joaquin Phoenix, memerankan tokoh Napoleon Bonaparte dalam Kitbag, film biografi mengenai kaisar Prancis abad ke-19 tersebut yang bakal diarahkan oleh Ridley Scott.

Dilansir CNN Indonesia, Kamis (15/10/2020), Kitbag menceritakan asal usul Napoleon dan hubungannya yang tidak stabil dengan sang istri, Josephine. Dia memimpin kampanye militer selama Perang Revolusi Prancis dan menjadi kaisar Prancis dalam periode 1804-1814.

Film ini turut menceritakan kepemimpinan Napoleon dalam sejumlah pertempuran sebelum dikalahkan di Waterloo. Film ini juga bakal menceritakan pengasingan pertama ke Pulau Elba, kemudian ke Saint Helena sebagai lokasi Napoleon meninggal pada 1821 dalam usia 51 tahun.

Seperti dilansir Variety, judul film tersebut diambil dari salah satu ungkapan yang terkenal. “There is a general’s staff hidden in every soldier’s kitbag.”

Film Kitbag kini dalam tahap awal perencanaan bersama 20th Century Studios yang berada di bawah Disney. Proyek ini akan diarahkan dan diproduksi Ridley Scott bersama Kevil Walsh.

Kitbag akan menjadi kesempatan reuni Joaquin Phoenix dan Ridley Scott setelah keduanya sempat bekerja sama dalam film Gladiator pada 2000. Film tersebut pula yang mengantarkan mereka masuk nominasi Academy Awards 2001.

Scott telah menunjuk David Scarpa sebagai penulis skenario film tersebut. Keduanya sudah pernah berkolaborasi untuk film thriller kriminal bertajuk All the Money in the World yang dirilis pada 2017.

Scott juga telah menyelesaikan produksi film The Last Duel yang dibintangi Matt Damon, Adam Driver, Jodie Comer dan Ben Affleck. Ia sempat masuk nominasi sutradara terbaik Academy Awards untuk film Gladiator, The Martian, Black Hawk Down, dan Thelma & Louise.

Sementara itu, Joaquin Phoenix memenangkan penghargaan Aktor Terbaik Academy Award tahun ini atas penampilannya dalam Joker. Ia juga sempat masuk nominasi untuk film Walk the Line, The Master, dan Gladiator.(ccni/rani hujaipah)