KONI Sumut Anti Beli dan Bajak Atlet

MEDAN, kaldera.id – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara, John Ismadi Lubis menegaskan, tidak akan membeli dan membajak atlet berprestasi demi dwi sukses tuan rumah PON 2024 Aceh-Sumut.

Hal itu disampaikan di hadapan para pengurus KONI Kabupaten/Kota, Pengurus Cabang Olahraga Provinsi dan Pengurus Harian KONI Sumatera Utara dalam workshop Tata Kelola Organisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan, Senin (14/12/2020) di Grand Mercure Hotel Medan.

Kata Jhon Ismadi Lubis, target yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, pada PON 2024 Aceh-Sumut, kontingen Sumut harus berada di 3 (tiga) besar.

Namun untuk mengejar target itu, KONI Sumut berketetapan hati tetap pada model pembinaan, bukan dengan membeli dan membajak atlet yang berprestasi nasional dan internasional.

‘’Menjadi pengurus olahraga itu harus jujur, ikhlas dan sportif,’’ urai Jhon. Sehingga alangkah naifnya kalau kemudian untuk mencapai prestasi, malah melakukan pembelian dan pembajakan.”

“Yang harus dipikirkan adalah pasca PON 2024 karena bagi Jhon Ismadi Lubis, urutan Sumut tidak boleh keluar dari 10 (sepuluh) besar sambil menunjuk beberapa daerah pasca berprestasi jadi tuan rumah, kemudian menurun pasca pelaksanaan PON di luar,” ujarnya.

Hal-hal seperti itulah yang tidak boleh dilakukan dalam pembinaan khususnya dalam pembinaan dan pembangunan atlet. Sehingga untuk menjadi pengurus cabor dan KONI itu harus punya sikap jujur, ikhlas dan sportif.

Jhon Ismadi Lubis juga mengingatkan kepada para pengurus cabor dan KONI Kabupaten/Kota agar benar-benar memberdayakan seluruh pengurus sehingga tumbuh rasa kebersamaan yang berdampak pada kemajuan organisasi.

Perubahan Jelang PON 2024

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KONI Sumut menyampaikan perlunya perubahan pola pembinaan dalam menyongsong PON 2024.

”Kalau kita tidak mengubahnya, sedih kita melihat bagaimana perjuangan Gubsu dalam mempercepat pembangunan Sumut Sport Centre, sementara kita (pengurus) masih tidur dan makin tertinggallah kita dari daerah yang lain,’’ terang Jhon Ismadi Lubis.

Untuk itu, Ketua Umum KONI Sumut meminta semua pihak yang sudah terjun dalam kepengurusan dan juga membina olahraga, untuk serius, ikhlas, jujur dan sportif sehingga prestasi yang lebih baik di tahun 2024 akan terwujud.(rel)