Aston Villa Pecat Dean Smith, Pelatih ke 4 yang Didepak Klub Liga Inggris

Dean Smith, dipecat Aston Villa.
Dean Smith, dipecat Aston Villa.

JAKARTA, kaldera.id – Aston Villa resmi memecat Dean Smith dari jabatan pelatih kepala, Senin (8/11/2021) dinihari WIB.

Smith yang pernah bawa Villa mengalahkan Liverpool 7-2 Mei 2020, menjadi pelatih ke 4 yang dipecat klub Liga Primer Inggris musim ini.

Keputusan pemecatan hanya dua hari setelah tim itu kalah 0-1 dari Southampton, kemarin. Hasil itu jadi kekalahan kelima beruntun yang diderita Aston Villa.

Sepanjang musim ini, The Villans baru menang tiga kali dari sebelas pertandingan di Liga Inggris.

Smith menjadi pelatih ke empat di Liga Inggris yang dipecat hingga pekan ke 11 ini. Sebelumnya, ada nama Steve Bruce di Newcastle United, Nuno Espirito Santo di Tottenham Hotspur dan Daniel Farke di Norwich City yang lebih dulu gagal bersama timnya.

Pemecatan Smith menyudahi masa tugasnya yang dimulai sejak Oktober 2018. Ia sukses membawa Villa meraih tiket promosi ke Liga Primer pada musim pertamanya, sebelum tampil di final Piala Liga Inggris 2019/2020.

Setelah awal yang bagus musim lalu, tahun ini kami tidak melihat perkembangan kontinyu dari segi hasil, performa maupun posisi klasemen,” kata CEO Villa Christian Purslow dilansir tempo.co.

“Atas alasan ini kami memutuskan perubahan sekarang agar pelatih kepala yang baru punya waktu untuk memberikan dampaknya,” ujar dia menambahkan.

Jack Grealish Pergi

Villa saat ini berada di urutan ke-15 klasemen hanya memiliki sepuluh poin dari sebelas pertandingan yang dimainkan.

Hasil itu sedikit banyak dipengaruhi perginya ruh permainan Villa, Jack Grealish, yang dibeli menjadi pemain termahal Liga Premier oleh Manchester City.(frz/tmp)