Dance Sport Sumut Pasang Target Juara Umum di PON 2024

Ketua IODI Sumut, Drg Tetty (dua dari kiri) berfoto bersama usai memberikan keterangan pers persiapan Dance Sport di PON 2024. Dance Sport pasang target tinggi sebagai juara umum.(kaldera/HO)
Ketua IODI Sumut, Drg Tetty (dua dari kiri) berfoto bersama usai memberikan keterangan pers persiapan Dance Sport di PON 2024. Dance Sport pasang target tinggi sebagai juara umum.(kaldera/HO)

MEDAN, kaldera.id – Cabang Olahraga Dance Sport menjadi satu-satunya cabor yang berani memasang target Provinsi Sumatera Utara, sebagai juara umum di ajang PON 2024. Setidaknya, sampai saat ini.

“Kita menargetkan juara umum pada PON 2024. Medali emas diharapkan dari nomor lomba tradisionil dance, hiphop dance dan dansa,” ujar Ketua Pengprov Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia (IODI) Sumatera Utara, Drg Tetty di Posko Publikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jumat (16/6/2023).

Menurut Tetty, pihaknya telah menyiapkan 13 atlet yang saat ini secara intensif menjalani program Pelatda jangka panjang. Mereka berlatih secara intensif setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu di Gedung UTP Dispora Sumut.

Ke-13 atlet dimaksud merupakan atlet pilihan karena telah melewati seleksi yang digelar pada Oktober 2022. Seleksi sebelumnya diikuti atlet dari lima kabupaten dan kota se Sumut, yaitu Medan, Binjai, Deliserdang, Toba, Samosir dan Batubara.

Drg Tetty juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Gubsu, KONI Sumut dan Dispora Sumut. “Dukungan Gubsu, Disporasu dan KONI Sumut membuat olahraga dance sport di daerah ini terus berkembang,” tambahnya.

Menurut Drg Tetty, untuk menambah pengalaman atlet, pihaknya mengikuti

pertandingan di dalam dan luar negeri seperti di Jepang, China dan negara lainnya. Selain biaya sendiri, KONI Sumut juga turut membantu atlet saat bertanding di dalam dan luar negeri. “Sebagai tuan rumah, kita harus tampil bagus untuk memenuhi target,” terangnya.

Ketua Binpres Pengprov IODI Sumut, Agus Salim Samosir mengatakan, untuk melatih atlet dari tiga nomor, IODI Sumut menyiapkan tiga pelatih sekaligus.

“Seperti untuk nomor dansa, langsung ditangani Ketua Pengprov Ibu Tetty, tradisionil dance saya sendiri dan nomor hiphop dance dipegang khusus Fabian Suma Putra,” kata Agus.

Diakui Agus, pihaknya masih mengalami kendala dalam persiapan atlet, yakni sarana latihan karena ruangan kurang dingin. “Kendalanya sarana dan prasarana latihan kurang dingin. Kami berharap kekurangan ini dapat segera diatasi,” ujarnya.

Hj Dahliana selaku Pengawas Pendamping Cabor Dance Sport dari KONI Sumut, mengatakan pihaknya siap mendukung cabor dance sport. “KONI Sumut selalu mendukung program-program dance sport demi perkembangan olahraga ini dan prestasi di PON 2024 mendatang,” jelasnya.(f rozi/red)