Malaysia Buka Pintu Kedatangan Maret 2021

Aiyub Omar menyerahkan hadiah Malaysia Virtual Hunt 2020 kepada pemenang dari Medan di Hotel Santika Rabu lalu.
Aiyub Omar menyerahkan hadiah Malaysia Virtual Hunt 2020 kepada pemenang dari Medan di Hotel Santika Rabu lalu.

MEDAN, kaldera.id- Pintu masuk ke Malaysia dari Indonesia diperkirakan baru akan dibuka paling cepat Maret atau April 2021 dengan melihat perkembangan penanggulangan wabah covid-19, kata Direktur Tourism Malaysia Medan, Hishamuddin Mustafa.

Dia mengungkapkan hal itu saat penyerahan hadiah program Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020, Rabu (23/12/2020), kepada pemenang juara 1 tim Twin Towers dan juara 2 tim Berjaya, serta hadiah hiburan untuk regu Hibiscus yang menduduki peringkat ke-6 dari 30 tim di 9 negara ASEAN yang ikut serta.

Hishamuddin menambahkan pembukaan border itu setelah melihat bagaimana penanggulangan pandemi covid-19 di semua negara. Pada prinsipnya, kata dia, Malaysia kemungkinan membuka kunjungan bagi negara yang sesama zona hijau atau yang sudah mampu mengendalikan wabah tersebut.

Apalagi setelah Indonesia sudah menerima vaksin sehingga diharapkan virus dapat dikendalikan, tambahnya. Hishamuddin Mustafa menyampaikan kerugian yang dialami sektor pariwisata Malaysia mencapai 53 miliar ringgit atau Rp185,5 triliun (Januari-September 2020) akibat penutupan perbatasan negara karena pandemi covid-19.

Wisatawan ke Malaysia Menurun

Selama Januari hingga September 2020, sektor pariwisata Malaysia mencatat kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 4.299.419 wisatawan, menurun 78,6 persen dibandingkan periode yang sama, yaitu sebanyak 20,1 juta wisatawan dari Januari hingga September tahun 2019.

Menurut Hishamuddin, pendapatan sektor ini pada periode tersebut mencapai 12,6 miliar ringgit, menurun sebesar 80,9 persen dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 66,1 miliar ringgit.

Hishamuddin menyampaikan Tourism Malaysia Medan telah merancang berbagai rencana dan strategi pemulihan pelancongan untuk menjayakan kembali industri ini pasca covid-19, melalui campaign “Jalan-jalan Lagi ke Malaysia 2021”.

Terkait pemenang Malaysia Virtual Hunt 2020, hadiahnya diserahkan langsung Konjen Malaysia di Medan Aiyub Omar, Rabu (23/12/2020), di Hotel Santika.

Malaysia Virtual Hunt tersebut diselenggarakan oleh Tourism Malaysia pada 11 Desember 2020 di Level 02 Rooftop Rumah Makan Rasa Bunda Medan. Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt diselenggarakan dengan memanfaatkan platform Zoom dengan durasi 2,5 jam berkeliling mengunjungi kota-kota terkenal di Malaysia mulai dari Kuala Lumpur, Bukit Bintang, Selangor, Penang, Melaka, Johor Bahru, dan Langkawi, sambil memecahkan kode yang tersebar di penjuru kota.

Peserta menggunakan Google Maps untuk menjelajah kota dan kemudian mengumpulkan jawaban mereka melalui Google Forms. Aiyub Omar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada tim yang menang dan bertanding dalam program tersebut.

Dalam kesempatan itu juga , Aiyub mengucapkan selamat atas pelantikan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang baru di bawah Kabinet Presiden Jokowi dan berharap dengan dilantiknya Menpar Sandiaga Uno dapat memulihkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas lagi di bidang pariwisata selepas pandemi covid-19 berakhir.(armin nasution)