Pemprovsu Usulkan 900 Ribu KK Terima Bantuan KPM

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Irman Oemar
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Irman Oemar

MEDAN, kaldera.id- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengusulkan sebanyak 900 ribu Kepala Keluarga (KK) sebagai penerima bantuan Keluarga Penerima Manfaat (PKM) kepada pemerintah pusat.

“Di Sumut itu hampir 900 ribu KK yang kita usulkan ke pusat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Irman Oemar, Rabu (18/8/2021).

Adapun bantuan bagi penduduk miskin ini bersumber dari APBN yang akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia secara langsung kepada penerima KPM. 

“Sampai saat ini informasi yang kita dapat bahwa tidak ada kendala, karena langsung dari kantor pos langsung ke rekening penerima manfaat,” sebut Irman.

Selain itu, berdasarkan keterangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate, saat ini pemerintah masih terus menghimpun data anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

Hal itu dilakukan untuk memastikan negara hadir memberikan perlindungan berupa bantuan yang mencakup kebutuhan dasar kepada anak terhadap anak-anak yang menyadang status yatim piatu dikarenakan Covid-19.

Irman mengakui saat ini pihaknya masih  melakukan pendataan terhadap anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. 

“Saya belum dapat angka pastinya, karena ada kebijakan khusus untuk anak yatim karena Covid, itu belum dapat saya data terbaru. Karena kita sedang mendata, datanya harus akurat apakah orang tuannya (meninggal) karena Covid atau apa gitu,” pungkasnya. (finta rahyuni)