Trio Penrose, Genzel dan Ghez Raih Nobel Fisika 2020

0
29
Roger Penrose, Reinhard Genzel, dan Andrea Ghez peraih Nobel Fisika 2020.
Roger Penrose, Reinhard Genzel, dan Andrea Ghez peraih Nobel Fisika 2020.

JAKARTA, kaldera.id – Penghargaan Nobel Fisika 2020 diberikan kepada 3 ilmuwan yang dinilai memberikan sumbangan besar untuk kemajuan pemahaman sains terhadap black hole (lubang hitam), salah satu misteri terbesar di alam semesta. Tiga ilmuwan tersebut adalah Roger Penrose, Reinhard Genzel, dan Andrea Ghez.

Ketua Komite Nobel Fisika David Haviland mengatakan penemuan 3 ilmuwan ini telah memberikan landasan baru di studi tentang lubang hitam. Namun, kata dia, perlu lebih banyak lagi penelitian untuk mengungkap banyak hal tentang benda misterius tersebut.

“Tak hanya pertanyaan tentang struktur dalamnya, tetapi juga bagaimana menguji teori gravitasi kita dalam kondisi ekstrem di sekitar lubang hitam,” ujar Haviland seperti dilansir Tirto.id, Kamis (8/10/2020).

Mengutip laporan The Guardian, Dr Ziri Younsi, pakar studi tentang lubang hitam University College London, menyambut antusias pemberian penghargaan Nobel Fisika 2020. Menurut Younsi, lubang hitam adalah objek yang menarik dan penuh teka-teki dan memerlukan lebih banyak lagi riset. Dia berharap ada lebih banyak hadiah Nobel untuk topik ini di tahun-tahun mendatang.

“Sungguh luar biasa melihat karya teoritis dan observasi yang sangat penting dari ketiga pemenang diakui oleh komite Nobel,” kata dia. (tirto/rani hujaipah)