Pelantikan Rektor USU Terpilih Diserahkan ke Kemendikbud

Prof Dr Hasim Purba
Prof Dr Hasim Purba

MEDAN, kaldera.id- Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) menyerahkan jadwal pelantikan rektor USU terpilih Muryanto Amin ke Kemendikbud. Hal itu berdasarkan keputusan MWA pada rapat yang digelar Jumat 15 Januari 2021.

“Penentuan jadwal pelantikan rektor terpilih, Muryanto Amin sudah diserahkan seluruhnya kepada Kemendikbud karena memiliki kewenangan tertinggi,” ujar anggota MWA USU, Prof Hasim Purba, Sabtu (16/1/2021).

Diketahui, pelantikan direncanakan berlangsung antara 21 Januari 2021 hingg 28 Januari 2021. Karena pembahasan itu bersifat konfidensial (rahasia) di MWA.
Alasan pelantikan Muryanto diserahkan ke Kemendikbud karena sanksi plagiat yang dikeluarkan. “Makanya penilaian MWA juga telah diberikan ke Kemendikbud,” jelasnya.

Pihaknya, kata Hasim juga meminta agar penilaian dan keputusan itu segera dikeluarkan oleh Kemendikbud.

“Di rapat MWA kemarin, Kemendikbud dimohon secepatnya untuk memberikan satu penilaian dan keputusan. Jadi kalau Kemendikbud memutuskan Minggu ini, ya dijalankan. Kalau Minggu depan bisa saja,” kata Hasim.

Ia pun mengimbau semua pihak menghargai proses yang akan dilakukan oleh Kemendikbud. Semua pihak, lanjutnya, harus menjaga kondusifitas USU sebagai lembaga universitas tertua di Sumut.

“USU harus menjadi aset bangsa yang dijaga kredibilitas dan marwahnya. Tentunya juga kepercayaan publik kepada USU harus terpelihara dengan baik,” pungkasnya. (finta rahyuni)