Aspikom Korwil Sumut Rumuskan Kurikulum MBKM untuk Akreditasi Unggul

Ketum Aspikom Pusat Dr Muhammad Sulhan saat memberikan sambutan dalam webinar MBKM Aspikom Korwil Sumut, Kamis (1//4/2021)
Ketum Aspikom Pusat Dr Muhammad Sulhan saat memberikan sambutan dalam webinar MBKM Aspikom Korwil Sumut, Kamis (1//4/2021)

MEDAN, kaldera.id – Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Sumatera Utara menggelar webinar kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Ilmu Komunikasi dalam Menuju Akreditasi Unggul”.

“Berdasarkan tema ini, topik pembahasannya adalah perkembangan kurikulum mata kuliah, serta kerja sama program studi ilmu komunikasi dalam menyikapi Sembilan kriteria akreditasi,” kata Ketua Aspikom Korwil Sumut, Dewi Kurniawati, PhD, Kamis (1/4/2021).

Ketum Aspikom Pusat Dr Muhammad Sulhan yang membuka webinar mengatakan, Aspikom Wilayah Barat sangat berkembang pesat. Kata dia, webinar yang dilakukan Aspikom Korwil Sumatera Utara ini adalah salah satu indikator berkembangnya Aspikom di wilayah barat.

“Untuk kurikulum MBKM di Aspikom Korwil Sumut saya kira bisa dirumuskan dengan mengdepankan kearifan lokal dan kebutuhan industri di wilayah barat,” bebernya.

Ketua Aspikom Korwil Sumut, Dewi Kurniawati, PhD
Ketua Aspikom Korwil Sumut, Dewi Kurniawati, PhD

Kemudian, Wakil Ketua Umum Aspikom Pusat untuk Wilayah Barat, Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si menyebutkan, webinar ini dilakukan untuk mendiskusikan dan meningkatkan kapabilitas para pengurus Aspikom, khususnya para pengelola program studi ilmu komunikasi untuk mempersiapkan kurikulum yang sesuai dengan program MBKM.

“Dalam situasi ini, keberadaan Aspikom sangat realistis untuk mendukung Merdeka Belajar. Pengelola program studi dapat mendiskusikan atau kerjasama untuk pertukaran mahasiswa. Menjalin kerjasama perguruan tinggi dengan pihak lain. Aspikom siap mendukung itu sebagai jembatannya,” katanya.

Sementara, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin dalam sambutannya, mengatakan, perkembangan industri sudah lebih pesat dari perkembangan ilmu pengetahuan. Banyak orang berpikiran sukses tidak perlu sekolah tinggi. Dan ini harus diantisipasi oleh perguruan tinggi.

“Kampus Merdeka adalah jawaban untuk itu. Mahasiswa bisa lebih mengembangkan dirinya. Sehingga memberikan ruang yang lebih pada ilmu pengetahuan daripada perkembangan industri. Aspikom sangat baik sudah memulai perumusan langkah-langkah itu lewat webinar ini,” kata Muryanto Amin.

Sekretaris Aspikom Korwil Sumut, Dr Hasan Sazali, MA.
Sekretaris Aspikom Korwil Sumut, Dr Hasan Sazali, MA.

Sedangkan, Sekretaris Aspikom Korwil Sumut, Dr Hasan Sazali, menyampaikan gagasan dan triknya membangun jaringan MBKM ke dunia industri di Sumatera Utara. Kata Hasan, kalangan BUMN ataupun perusahaan daerah yang tersebar di Sumut sangat membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi.

“Ada kesadaran yang mulai muncul dari industri tentang kelebihan lulusan Ilmu Komunikasi. Sehingga memang perlu dirumuskan kurikulum yang bisa menjawab kebutuhan itu, dengan memaksimalkan perkembangan Ilmu Komunikasi saat ini,” tukasnya.(f rozi)