Kolaborasi Internasional FDK UINSU dan Universiti Sains Malaysia Diapresiasi

0
31
Suasana pembukaan kegiatan FDK UINSU dengan School of Communication USM, di Aula FDK UINSU, Jumat (19/1/2024). Rektor UINSU mengapresiasi kegiatan internasional ini.(HO/kaldera)
Suasana pembukaan kegiatan FDK UINSU dengan School of Communication USM, di Aula FDK UINSU, Jumat (19/1/2024). Rektor UINSU mengapresiasi kegiatan internasional ini.(HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Suasana kebersamaan dan semangat kolaborasi internasional yang cemerlang melingkupi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan pada Jumat (19/1/2024), ketika mereka menyambut tamu istimewa dari School of Communication/Pusat Pengajian Komunikasi (PPK), Universiti Sains Malaysia (USM).

Rektor UIN Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. Nurhayati, MA, melalui Wakil Rektor III, Prof. Dr. Katimin, MA, mengapresiasi kegiatan ini. Dia menegaskan pentingnya kerjasama internasional sebagai salah satu pilar utama dalam mewujudkan visi UIN Sumatera Utara Medan sebagai universitas bertaraf dunia.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan nyata untuk menghadirkan pengalaman yang berkelas internasional bagi mahasiswa, dosen dan sivitas kami,” ujar Prof. Dr. Katimin.

Kunjungan ini bukan hanya sekedar pertemuan formal, melainkan sebuah peristiwa bersejarah yang dipenuhi dengan kegiatan bernuansa internasional, mulai dari Diskusi Panel Mahasiswa Internasional hingga Visiting Lecturer serta Pengabdian kepada Masyarakat Internasional.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hasan Sazali, MA, Dekan FDK UIN Sumatera Utara Medan, menyampaikan rasa bangganya atas kerjasama ini. “Kami sangat bangga dapat menjalin kolaborasi dengan kampus internasional sekelas USM. Kerjasama ini bukan hanya tentang pertukaran ilmu pengetahuan, tetapi juga tentang membangun jaringan global untuk mahasiswa dan akademisi. InsyaAllah, kami akan melakukan kunjungan balasan ke USM,” kata Hasan.

Wakil Dekan I FDK, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA; Wakil Dekan II FDK, Dr. Elfi Yanti Ritonga, MA; dan Wakil Dekan III FDK, Dr. Anang Anas Azhar, MA, juga turut menyambut baik dan mendukung inisiatif kerjasama ini. “Kerjasama internasional seperti ini akan memberikan nilai tambah bagi perkembangan akademis dan profesional mahasiswa,” ujar Dr Hasnun Jauhari Ritonga.

Wakil Dekan III FDK, Dr. Anang Anas Azhar, MA, menambahkan, “Kami berharap kerjasama ini akan membuka peluang bagi pertukaran mahasiswa, staf, dan penelitian bersama antara kedua institusi.”

Prof Madya Nik Norma Nik Hasan, Ph.D, dari School of Communication USM, merespons positif sambutan hangat yang diberikan oleh FDK UIN Sumatera Utara Medan. “Saya merasa sangat terhormat bisa berada di sini dan melihat semangat besar untuk berkolaborasi. Kami berkomitmen untuk mendukung dan memperkuat hubungan ini untuk kebaikan bersama,” ucapnya.

Turut hadir dari FDK UIN Sumatera Utara Medan seperti Kabag TU FDK, Abdul Jouseph Sitepu, MAP; Ketua Prodi S3 KPI, Prof. Dr. Zainal Arifin; Ketua Prodi S2 KPI, Dr. Rubino, MA; Ketua Prodi S1 KPI, Dr. Irma Yusriani Simamora, MA; Ketua Prodi BPI, Dr. Kamalia, M.Hum; Ketua Prodi PMI, Dr. Khatibah, MA; dan Ketua Prodi Manajemen Dakwah, Dr. Soiman.

Selain kegiatan akademis, kunjungan ini juga menjadi momentum awal untuk menjalin pengabdian kepada masyarakat internasional. Prof Madya Dr. Shuhaida Md Noor, turut hadir dalam rangkaian kegiatan ini, mengekspresikan harapannya agar inisiatif pengabdian ini dapat memberikan dampak positif yang nyata di tengah-tengah masyarakat.
Kolaborasi ini bukan hanya tentang pertukaran akademis, tetapi juga tentang membangun pemahaman lintas budaya dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam bersaing di tingkat global.

Semangat kerjasama ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam perjalanan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di UIN Sumatera Utara Medan, yang semakin mengukuhkan diri sebagai lembaga pendidikan dengan jaringan internasional yang kuat dan relevan. Acara ditutup dengan foto bersama mahasiswa dari UIN Sumatera Utara Medan dan USM yang hadir, memberikan kesan penuh kebersamaan dan semangat belajar bersama dalam suasana internasional yang hangat.(efri surbakti/red)