Penyidik Terbaik KPK, Mantan Kasat Narkoba Polres Tebing Tinggi Wafat

JAKARTA, kaldera.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Polisi (Kompol) Pandu Hendra Sasmita meninggal dunia. Pandu yang asal Jember, Jawa Timur ini pernah bertugas sebagai Kasat Narkoba Polres Tebing Tinggi medio 2012-2013.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan bahwa Hendra sempat sembuh usai dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

“KPK berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya salah satu penyidik terbaiknya Minggu, 13 September 2020 jam 15.03 WIB atas nama Kompol Pandu Hendra Sasmita, SIK yang wafat akibat sakit,” kata Ali dalam keterangan tertulis, Minggu (13/9/2020).

“Sebelumnya almarhum sempat dirawat di RS Polri karena terpapar Covid-19 namun sudah dinyatakan non-covid-19,” lanjut dia.

Ali Fikri mengatakan kasus positif covid-19 di lingkungan KPK ada 69 kasus. Dari jumlah tersebut, 31 orang sudah dinyatakan sembuh dan 38 menjalani isolasi mandiri.

“Kami juga masih menunggu seluruh hasil tes swab terhadap pegawai dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK yang telah dilakukan sejak Senin sampai Jumat, 7-11 September 2020 dengan jumlah peserta 1.901 orang,” ungkap Ali.

Dalam rangka mitigasi penularan Covid-19, Ali menerangkan pada hari ini sudah dilakukan penyemprotan desinfektan di tiga area lokasi, yaitu Gedung Dwiwarna KPK, Gedung KPK C-1, dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pomdam Jaya Guntur. Kompol Pandu kelahiran Maret 1985, merupakan alumni Akpol 2006.(finta rahyuni/f rozi)