Pengurus Kadin Taput Terpilih Diminta Cepat Bersinergi Dengan Pemda

Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara langsung menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) Tapanuli Utara.
Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara langsung menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) Tapanuli Utara.

 

TAPANULI UTARA, kaldera.id – Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara langsung menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) Tapanuli Utara. Dari podium tempatnya memberikan sambutan Firsal Ferial Mutyara meminta agar pengurus terpilih mengambil langkah cepat bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

Hal itu disampaikan Firsal Mutyara secara resmi di Gedung Nasional Tarutung, Selasa (20/6/2023), setelah mengukuhkan pengurus Kadin Kabupaten Tapanuli Utara yang dipimpin Maya Maria Situmorang. Muskab Tapanuli Utara merupakan yang pertama dihadiri langsung Ketua Kadin Sumut setelah periodisasi kepemimpinan.

Di acara ini Firsal Ferial Mutyara didampingi Koordinator WKU Organisasi, Hukum dan Komunikasi Yudha Johansyah, WKU Organisasi Lismardi Hendra, Ketua Tetap Komunikasi Daerah Ahmad Muhajirin dan Direktur Eksekutif Kadin Sumut Diaz Wardianto WK.

Firsal Ferial Mutyara menyampaikan pengukuhan pengurus Kadin Tapanuli Utara ini sebagai titik awal untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. “Saya perlu sampaikan kita ini merupakan mitra strategis pemerintah dalam menaungi dunia usaha dan menggerakkan perekonomian,” jelasnya.

Kadin Kabupaten Tapanuli Utara, kata dia, harus bisa bekerjasama dengan pengusaha lokal yang ada di daerah. “Penguatan pengusaha lokal sangat penting karena tidak boleh ada pengusaha lokal yang jadi penonton di daerahnya sendiri,” kata dia.

Firsal Ferial Mutyara juga mengingatkan bahwa dalam berbagai kesempatan selalu disampaikan pembentuk angka pertumbuhan ekonomi Sumut datang dari daerah-daerah. “Jadi kita yang di daerah ini harus bisa memaksimalkan semua peran. Ambil peran sebanyak-banyaknya untuk memajukan perekonomian daerah. Nanti akumulasinya akan kita lihat pada capaian pertumbuhan ekonomi Sumut,” ungkapnya.

Di sisi lain, Firsal Ferial Mutyara kembali mengungkapkan apa yang pernah disampaikannya saat bertemu Gubsu beberapa waktu lalu. “Saat bertemu Gubsu baru-baru ini kita sampaikan ada keinginan agar ada Pergub yang mengikat pengusaha. Kira-kira isinya bagaimana agar semua pengusaha di Sumut wajib menjadi anggota Kadin. Tujuannya agar kita lebih mudah berkoordinasi dan bersinergi,” jelasnya.

Dia sampaikan dengan situasi sekarang saja sebenarnya banyak yang bisa dilakukan anggota Kadin Sumut. “Apalagi jika seluruh pengusaha bergabung dengan kita, tentu akan lebih banyak yang bisa dikerjakan,” jelasnya.

Firsal Ferial Mutyara juga menyoroti tentang pentingnya Pergub dimaksud agar dapat memberikan dampak positif kepada pengusaha lokal terutama usaha konstruksi. “Banyaknya pekerjaan infrastruktur yang diambil alih pihak luar dari Provisi Sumut ini menjadi perhatian cukup serius.”

Bahkan, kata Firsal Ferial Mutyara, bukan hanya proyek infrastruktur yang diambil tapi juga hasil tambang dan bumi Sumatera Utara. “Ini tentu memprihatinkan buat kita pengusaha. Maka kita harus bersiap, bersinergi dan bersatu untuk memberi ruang pengusaha lokal memiliki peran lebih banyak,” jelasnya.

“Saya berharap kepada ketua Kadin Tapanuli Utara terpilih Bu Maya Maria Situmorang mampu bersinergi dengan Pemda mendorong lahirnya peraturan daerah yang positif bagi kemajuan pengusaha lokal,” kata Firsal Ferial Mutyara.

Maya Maria Situmorang mengakan usai dilantik langsung melaksanakan Rapimkab tahun 2023 untuk membahas berbagai program proritas kerja Kadin Taput kedepan. ”Disamping melakukan kolaborasi kerjasama terhadap berbagai pemangku kepentingan, program Kadin Taput kedepan akan menonjolkan hasil kerajinan,seperti:Ulos tenun dan produk lainnya.

“Harapannya agar Kadin benar-benar bisa menjadi mitra, berkolaborasi dengan pemerintahan daerah dalam memajukan perekonomian Kabupaten Taput guna membangun bumi Taput yang lebih maju,” tambahnya.