Tim PKM Unimed Optimalisasi Pelepah Sawit Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Bulungihit

Tim PKM Unimed menyerahkan alat bantuan kepada masyarakat Desa Bulungihit untuk mengoptimalkan pelepah daun kelapa sawit.
Tim PKM Unimed menyerahkan alat bantuan kepada masyarakat Desa Bulungihit untuk mengoptimalkan pelepah daun kelapa sawit.

 

MEDAN, kaldera.id- Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan yang diketuai Nina Novira Ph.D telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini telah dilakukan Rabu 27 September 2023, kata Nina Novira, Ph.D kepada media, di Medan, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan pengabdian ini, kata dia, bertemakan optimalisasi pelepah kelapa sawit untuk peningkatan ekonomi masyarakat Desa Bulungihit Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memfasilitasi masyarakat mengoptimalkan daun kelapa sawit yang diambil lidinya dan daun hijaunya untuk pakan ternak.

Tim ini juga menyerahkan dua alat penyerut daun kelapa sawit yang disertai mesin bertenaga bensin (premium).

Tim Dosen PKM Unimed saat memberikan sambutan di acara optimalisasi pelepah kelapa sawit untuk peningkatan ekonomi masyarakat  Desa Bulungihit Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.
Tim Dosen PKM Unimed saat memberikan sambutan di acara optimalisasi pelepah kelapa sawit untuk peningkatan ekonomi masyarakat Desa Bulungihit Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kegiatan ini dihadiri tim PKM Unimed Hariyono, S.Si, selaku narasumber dan masyarakat kelompok perajin lidi.

Kegiatan ini dengan kata sambutan dari seorang anggota pengabdi Dra. Elfayetti, M.P, lalu dilanjutkan perwakilan dari pengurus harian kelompok perajin lidi kelapa sawit Dusun 1 Hariyani.

Dalam sambutannya Dra. Elfayetti, M.P, berharap agar pengabdian yang dilakukan dapat mempermudah proses penyerbukan lidi yang dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan alat dan penandatanganan serah terima alat antara Nina Novira, Ph.D dengan ketua kelompok pengrajin lidi Tursipah.

Setelah penyerahan alat, Nina Novira menegaskan agar pemakaian alat dan pembagian jadwal pemakaian alat dapat dimusyawarahkan secara kekeluargaan dan tetap menjaga paguyuban serta menghindari konflik.

Kegiatan pengabdian ini juga menggelar seminar kecil dihadiri kelompok perajin lidi dan masyarakat sekitar bertema peningkatan pendapatan melalui optimalisasi pemasaran melalui online marketing dan marketplace.

Seminar ini mengundang Hariyono, S.Si, sebagai narasumber. Dalam paparannya dia tegaskan kegiatan dimaksud sangat penting diikuti mengingat perkembangan pemasaran saat ini sudah mengintegrasikan pemasaran digital.

“Kita tidak bisa melawan perkembangan teknologi tapi kita bisa mengikuti arus dan membawanya pada kebermanfaatan yang lebih besar.”

Pada akhir kegiatan, tim PKM bersama perajin lidi mengadakan demonstrasi alat. Tim pengabdi berharap kegiatan pengabdian dan alat yang diserahkan dapat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan.