KTH Desa Kwala Serapuh Minta Plt Bupati Tak Ubah Hutan Nipah Jadi Kebun Sawit

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin bersama Pengurus KTH Nipah Desa Kwala Serapuh
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin bersama Pengurus KTH Nipah Desa Kwala Serapuh

 

STABAT, kaldera.id – Kelompok Tani Hiutan (KTH) Nipah Desa Kwala Serapuh, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat menemui Plt Bupati Langkat, Syah Afandin berkoordinasi terkait status lahan yang mereka kelola saat ini.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KTN Desa Serapuh, Samsir meminta mengkhususkan lahan seluas 242 hektar di Desa Kwala Serapuh khusus untuk lahan nipah.

Sehingga ke depannya tidak ada upaya dari sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab yang ingin merubah lahan tersebut menjadi kebun sawit atau sebagainya.

“Hutan tersebut sangat penting bagi kami sebagai sumber mata pencaharian dan menambah ekonomi masyarakat Desa Kwala Serapuh,” ujarnya.

Menyikapi apa yang disampaikan Plt Bupati Langkat, Syah Afandin mengungkapkan, dirinya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Intinya kelompok tani hutan nipah tetap bisa mengelola, menjaga dan mempertahankan kelestarian hutan nipah tersebut. Karena memang sangat banyak manfaatnya buat masyarakat di sana dalam memenuhi kebutuhan hidup,” tegasnya.(reza)