Bapenda Medan Maksimalkan Pajak dengan Pelayanan Persuasif

redaksi
14 Feb 2025 19:00
Medan News 0 23
2 menit membaca

 

MEDAN , kaldera.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan terus menggencarkan optimalisasi penerimaan pajak daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, dalam prosesnya, pendekatan persuasif dan pelayanan yang humanis tetap menjadi prioritas utama agar masyarakat semakin patuh dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pendapatan Kota Medan Sutan Tolang Lubis saat melakukan kunjungan kerja ke tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bapenda Kota Medan selama dua hari berturut-turut, Rabu-Kamis (12-13/2/2025). Dalam kunjungan tersebut, ia menegaskan pentingnya strategi yang seimbang antara peningkatan penerimaan pajak dan mutu pelayanan kepada wajib pajak.

Salah satu sektor yang menjadi sorotan dalam optimalisasi pajak adalah Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) makanan dan minuman, serta Pajak Air Bawah Tanah (ABT). Menurut Tolang, masih banyak pelaku usaha kuliner di Medan dengan omzet di atas Rp10 juta per bulan yang belum terdaftar sebagai wajib pajak.

“Saya minta seluruh Kepala UPT melakukan pemetaan ulang dan mendata kembali objek pajak yang belum terdaftar. Jika diperlukan, koordinasi dengan Satpol PP bisa dilakukan dalam rangka penegakan peraturan daerah. Namun, tetap utamakan pendekatan persuasif dan humanis tanpa ada unsur paksaan,” tegasnya.

Selain itu, Tolang juga menekankan perlunya strategi khusus dalam pengelolaan Pajak Air Bawah Tanah agar masyarakat lebih mudah dalam pengurusannya. Ia menginginkan seluruh administrasi pajak ABT bisa diselesaikan langsung di kantor UPT tanpa harus datang ke kantor pusat.

Tak hanya fokus pada penerimaan pajak, Tolang juga mendorong setiap UPT untuk meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan agar semakin memudahkan wajib pajak.

“Seluruh UPT harus memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Ini penting untuk memastikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. UPT adalah perpanjangan tangan dari kantor pusat di Jalan Jenderal AH Nasution, sehingga wajib pajak tidak perlu repot datang ke sana. Apalagi, kita sudah memiliki sistem online yang mempermudah proses administrasi pajak,” jelasnya

Dalam kunjungan ini, Sutan Tolang Lubis turut didampingi oleh jajaran pejabat Bapenda, termasuk Kepala Bidang, Kasubag, serta Kasubid/Katim. (Reza)