Blangko e-KTP Terbatas, Pencetakan Diprioritaskan Pemula

Baginda P. Siregar
Baginda P. Siregar

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Baginda P. Siregar mengatakan, saat ini persediaan blangko e-KTP terbatas. Untuk itu pihaknya memperuntukkan pencetakan diprioritaskan kepada pemula atau yang pertama kali mengurus KTP.

Menurutnya, terbatasnya persediaan blanko e-KTP disebabkan banyak warga luar Medan, tapi administrasinya masih di Medan melakukan pencetakan di kecamatan maupun kelurahan.

“Persediaan yang ada saat ini diperuntukan untuk warga Medan dengan prioritas warga pemula,” ujar Baginda, Sabtu (29//7/2023).

Dia mengatakan, pelayanan pengurusan e-KTP saat ini terus berjalan. Bahkan, Disdukcapil melakukan sistem jemput bola perekaman e-KTP untuk warga pemula. Sistem ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi warga dalam pengurusan dan perekaman e-KTP.

Dia menambahkan, pihaknya juga melakukan jemput bola perekaman e-KTP ke SMA/SMK/MA yang ada di Medan. Kegiatan ini dilakukan setiap Minggu, mulai dari Senin, Selasa, dan Rabu.

“Intinya, dengan persediaan blangko yang terbatas, pelayanan pengurusan e-KTP tetap kita maksimalkan,” tambahnya.

Baginda mengatakan, pihaknya telah menyurati Kementerian Dalam Negeri agar bisa menambah persediaan blangko e-KTP untuk Medan. “Mudah-mudahan secepatnya kita akan mendapat tambahan blangko,” tegas Baginda.

Bagi warga yang mendesak diimbau melakukan aktivitasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dalam IKD ini terdapat dokumen kependudukan berupa KTP-el dan kartu keluarga. Sampai saat ini jumlah warga Medan yang sudah mengaktivasi IKD sebanyak 15 ribu lebih. “Aktivitasi IKD ini dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil, kelurahan, kecamatan, dan stand yang kita buka di berbagai even di Medan,” pungkasnya.(reza)