Jembatan Suka Damai Rusak Parah, Pemko Medan masih Janji

0
111
Kondisi jembatan yang menghubungkan Jalan Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia menuju Jalan Sakti Lubis mengalami rusak parah. (kaldera/iqbal maulana)
Kondisi jembatan yang menghubungkan Jalan Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia menuju Jalan Sakti Lubis mengalami rusak parah. (kaldera/iqbal maulana)

MEDAN, kaldera.id – Kondisi jembatan yang menghubungkan Jalan Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia menuju Jalan Sakti Lubis mengalami rusak parah. Perbaikan dilakukan selama ini mengandalkan swadaya masyarakat.

Pantauan kaldera.id, besi penyangga jembatan sudah berkarat. Kayu dasar pijakan jembatan juga sudah lapuk. Lobang hanya ditambal dengan kayu – kayu tipis. Jembatan ini bahkan mengayun saat dilalui sepeda motor maupun pejalan kaki.

Jembatan ini merupakan jalur alternatif bagi warga sekitar, baik bersekolah, belanja, maupun bekerja. Makanya, meskipun sudah tidak aman dilintas, terutama bagi anak -anak, warga tetap memanfaatkanya. Mengingat, untuk menggunakan jalur lain cukup jauh.

“Sudah beberapa orang jatuh karena lubang dan papan yang tidak rata di jembatan. Sampai saat ini korban jiwa belum ada. Tapi, bila dibiarkan seperti ini terus, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkap salah satu warga Jalan Suka Damai, Rini kepada kaldera.id, Jumat (24/1/2020).

Warga sekitar sudah mengusulkan perbaikan jembatan kepada Pemko Medan melalui pihak kecamatan setempat. Sebab, tidak cukup hanya mengandalkan swadaya masyarakat, Namun, jawaban yang didapat sejak lima tahun lalu sama, akan diproses.

“Sampai sekarang tidak ada tindaklanjut dari Pemko Medan. Mau tidak mau kami perbaiki sendiri dengan seadanya,” tambah Dodi, warga sekitar lainnya.

Untuk itulah mereka berharap Pemko Medan melalui dinas terkait segera memperbaiki jembatan tersebut. Apabila roboh, warga harus memutar jauh menuju pusat kota. (iqbal maulana/pkl/ars)