RSUP Adam Malik Siapkan Tim Khusus hadapi Virus Corona

0
40
Kabid Kepala Medis RSUP Adam Malik, Nurna Fauzia.
Kabid Kepala Medis RSUP Adam Malik, Nurna Fauzia.

MEDAN, kaldera.id – Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik sudah menyiapkan tim khusus menghadapi kemungkinan datangnya pasien virus corona (coronavirus) di Sumatera Utara.

Menurut pengakuan Kabid Kepala Medis RSUP Adam Malik Nurna Fauziah pihaknya telah melakukan persiapan setelah mendapat surat dari Dirjen Pelayan Kesehatan tentang kesiapan mereka dalam menghadapi virus corona apabila terjadi di wilayah Sumatera Utara.

“Dari pihak rumah sakit sudah membentuk tim dari berbagai teknisi bidang kesehatan dan juga ruangan khusus infeksi sebagai bentuk kesiapan kami menghadapi kasus ini,” ujar Nurna, di ruangan kerjanya, Senin (27/1/2020).

Dia menambahkan bahwa pihak rumah sakit telah menyiapkan alat pencegah penyebaran virus tersebut seperti masker, kacamata, dan juga baju medis. Sementara itu, karena virus ini masih tergolong baru dan vaksinnya juga belum tersedia, pihak rumah sakit menyatakan hanya mengobati pasien-pasien secara sinkormatis.

“Jika ada pasien yang menunjukkan gejala-gejala terjangkit virus ini seperti demam tinggi atau sesak untuk mengantisipasinya kita akan mengobati dan menganalisanya untuk mengetahui apakah pasien terkena virus atau tidak,” tambahnya.

Dari pantauan tim rekadsi , untuk saat ini belum ada pasien yang diduga maupun positif terjangkit virus corona di RSUP Adam Malik, dan laporan-laporan dari pihak-pihak terkait seperti dari pihak bandara dan pelabuhan yang merupakan pintu masuk warga asing belum ada di terima pihak rumah sakit. (iqbal/alamsyah/pkl/frz)