Ikhtiar, Shalat Jumat di Medan Diisi Qunut Nazilah

Masjid Al Hidayah, Komplek Menteng Indah, Medan Denai.
Masjid Al Hidayah, Komplek Menteng Indah, Medan Denai.

MEDAN, kaldera.id – Masjid-masjid di Kota Medan tetap menggelar Shalat Jumat, (20/3/2020). Tapi kali ini, Salat Jumat itu diisi dengan pembacaan qunut nazilah usai rukuk rakaat kedua.

Seperti yang terjadi di Masjid Al Hidayah, Komplek Menteng Indah, Medan Denai. Sebelum memulai salat, Imam menyampaikan bahwa ia akan memimpin salat dan mengisinya dengan qunut nazilah. “Ini sebagai ikhtiar (usaha) agar dijauhkan dari virus corona, dan musibah itu segera berakhir,” ujar Ustadz Mulkan Lubis, imam tetap masjid itu.

Doa Qunut Nazilah merupakan salah satu amalan atau doa yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam saat ditimpa musibah. Sebenarnya, Doa Qunut Nazilah hampir sama dengan bacaan Doa Qunut Subuh. Namun pada Doa Qunut Nazilah, dapat ditambahkan sesuai kepentingan yang berkaitan dengan musibah yang terjadi.

Umat Islam dianjurkan membaca Doa Qunut Nazilah ketika ditimpa musibah, salah satunya seperti musibah wabah Corona, seperti saat ini. Doa Qunut Nazilah disunnahkan untuk dibaca pada sholat lima waktu, dari Shubuh sampai Isya.

Bacaan qunut nazilah disesuaikan dengan musibah yang menimpa umat Islam. Doa tersebut dilafalkan dalam bahasa Arab yang intinya memohon kepada Allah agar musibah itu segera diangkat dan berakhir.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan tausiyah terkait penyebaran virus Corona di Indonesia pada Selasa (3/3/2020). Dewan Pimpinan MUI mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindari dari musibah ini, salah satunya dengan membaca Doa Qunut Nazilah.(finta rahyuni)