Data Terbaru Covid-19 di Sumut: Positif 36, PDP 95 dan ODP 2.969

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut

MEDAN, kaldera.id- Jumlah pasien positif Covid-19 meningkat menjadi 36 orang diikuti PDP yang meningkat 11,5 persen menjadi 95 orang serta ODP yang menurun 12,4 persen menjadi 2.969 orang, Jumat, (03/04/2020)

Jumlah pasien Covid-19 yang terus meningkat di Sumut membuat pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang dalam pemantauan (ODP) kerap mendapat stigma negatif dimasyarakat.

Pemerintah juga terus melalukan antisipasi lonjakan pasien yang kemungkinan akan terjadi.

“Untuk antisipasi, pemerintah telah mempersiapkan 1500 kamar yang terbagi di beberapa rusmah sakit rujukan yang disediakan oleh pemerintah,” ungkap Whiko Irwan, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut.

Whiko menyebutkan ada 2 hal yang mempengaruhi jumlah peningkatan dan penurunan Covid-19.

“Yang pertama upaya pencegahan yang dilakukan dan yang kedua adanya keramaian dikarenakan masyarakat yang kurang patuh akan himbauan pemerintah,” lanjutnya.

Whiko juga mengatakan jika upaya pencegahan dapat dilakukan dengan benar oleh masyarakat, maka akan menurunkan jumlah peningkatan.

“Tetap stay at home, lakukan kegiatan ibadah dirumah, lakukaj pekerjaan dirumah atau work from home, kegiatan pesta dan reuni juga ditiadakan dan juga kegiatan wisata yang harus ditutup,” tuturnya. (silvia marissa)