Update Covid-19 Sumut: 96 positif, 9 Meninggal, 10 Sembuh

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan.
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan.

MEDAN, kaldera id- Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus bertambah hingga mencapai 96 orang pada Senin (13/4/2020).

Pasien masing-masing di tes melalui swab sebanyak 72 orang dan 24 orang melalui rapidtest.

“Pasien Covid-19 yang meninggal ada sembilan orang dan yang sembuh ada sepuluh orang. Sementara itu, Alhamdulillah PDP turun menjadi 105 orang,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan, Senin (13/4/2020).

Whiko mengatakan, sebaran pasien dalam pengawasan (PDP) terbanyak ada di kota Medan disusul oleh kabupaten Simalungun dan Deli Serdang.

“Sebaran terbanyak PDP ada di Medan sebanyak 51 orang. Kedua Simalungun sebanyak 20 kemudian Deli Serdang sepuluh orang,” jelasnya.

Terkait karyawan Bank m
Mandiri di Jalan Imam Bonjo, Medan yang terinfeksi positif Covid-19 melalui rapidtest, Whiko mengatakan, seluruh pegawai yang terkontak dengan penderita akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Akan dilakukan pemeriksaan kemudian akan di statuskan apakah masuk ke OTG, ODP, atau PDP,” jelasnya.

Sama halnya dengan Kapal Kelud yang yang berlabuh di Belawan, kata Whiko, bila dikapal tersebut ditemukan positif Covid-19 maka seluruh orang yang ada di kapal akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Jumlah PDP yang positif belum bisa dipastikan. Namun akan dilakukan pemeriksaan, jika statusnya PDP maka akan segera dirujuk ke rumah sakit. Namun jika statusnya OTG dan ODP akan kita karantina di tempat yang telah ditunjuk,” turutnya. (finta rahyuni)