Tentang Kami

Hangat, Mendidik, Mengungkap Fakta

KECEPATAN masyarakat mendapatkan informasi melalui internet dan media sosial membuat semua informasi mudah menyebar cepat. Dengan kemasan tertentu (clickbait, sensasi, fantastis, bombastis), informasi itu pun bisa saja menjadi viral. Kondisi inilah kemudian yang membuat semua berita sebagai produk jurnalistik sangat terbuka. Kini rutinitas pembaca setiap hari sudah mencari berita melalui internet dan media sosial. Akibatnya semua yang disajikan mudah diserap tanpa memperhatikan otentitifikasi dan keseimbangan.

Di satu sisi teknologi komunikasi dan informasi melahirkan kemudahan, karena setiap informasi akan cepat sampair, beredar dan berkembang di ruang publik. Bagi Kaldera.id, bukan hanya kecepatan mendapatkan berita yang menjadi kunci, tapi juga pada kebenaran informasi, ketepatan informasi dan fakta di baliknya. Karena sesungguhnya tugas jurnalistik bukan saja menginformasikan tapi juga mengungkap fakta serta mengedukasi. Atas kondisi itulah beberapa jurnalis senior berhimpun untuk menghadirkan pilihan baru. Dengan semangat yang sama, tetap ingin melihat setiap informasi dan berita diperlakukan sebagaimana mestinya, tentu saja dari proses melihat, mendengar dan merasa.

Atas dasar itulah, pada Kamis 12 Desember 2019 pk. 19.00 (12-12-19-19), Kaldera.id hadir ke hadapan pembaca. Kenapa Kaldera.id? Karena semangatnya memang berasal dari gunung berapi yang diawali fitur vulkanik kemudian terbentuk kaldera dari jatuhnya tanah setelah letusan. Kaldera ini muncul setelah aliran magma yang hangat dan panas keluar dari gunung berapi. Itulah proses munculnya lima kaldera gunung api di Indonesia yang mendunia dan fenomenal.

Kaldera.id ini disemangati oleh tagline; Hangat, Mendidik, Mengungkap Fakta. Kehadirannya akan selalu hangat dengan berita-berita yang selalu update, ditunggu dan memberi warna baru terhadap informasi. Layaknya aliran kawah gunung berapi akan selalu memberi kehangatan pada informasi yang diinginkan pembaca. Selain hangat, kami juga komitmen agar media ini memenuhi unsur edukasi. Tidak sekadar bombastis, atau memberitakan tanpa dasar. Kami ingin siapapun yang membaca punya kesimpulan bahwa mereka mendapatkan kebenaran atas informasi tersaji.

Paling penting juga adalah mengungkap fakta. Karena kaldera.id tak ingin sekadar memberitakan. Kami akan berusaha mengungkap fakta apa sebenarnya dibalik berita-berita yang hangat. Unsur why dalam berita akan menjadi begitu penting. Sehingga dengan Kaldera hadir sebagai penghangat, pendidik, pengungkap fakta, atas kebutuhan masyarakat dengan informasi dan berita yang tepercaya bisa dipenuhi.

Didukung oleh tim yang berpengalaman di bidang politik pemerintahan, pelayanan publik, hukum, sosial, riset dan statistik, serta media sosial, maka Kaldera.id memilih alur memadukan semua kekuatan itu dalam menampilkan setiap berita yang dimuat. Bahkan sebagian akan disajikan dalam indepth news untuk mengungkap fakta sebenarnya.

Kaldera.id akan melaporkan semua berita dan peristiwa dengan simultan dan berkelanjutan tanpa mengabaikan kecepatan informasi yang dibutuhkan pembaca. Tapi kecepatan itu tetap memenuhi kaidah jurnalistik. Karena kehadiran kaldera.id ini tetap mengedepankan etika sebagai sumber informasi yang layak dipercaya masyarakat dan semua pembaca atas banyaknya informasi yang beredar.

Kami Lihat, Dengar, Rasa

Satu hal penting, Kaldera.id tidak punya kepentingan apapun baik dalam politik dan pemerintahan. Kami bekerja di atas etika jurnalistik, non partisan, dan tidak mewakili kelompok mana pun. Karena semua berita yang kami sajikan dengan hangat, mendidik dan mengungkap fakta, setelah didahului atas apa yang kami lihat, dengar dan rasa (kaldera).

Salam
Tim Redaksi Kaldera.id