7 Negara Tertua di Dunia

0
2637
Negara Tertua di Dunia Simak daftar negara tertua di dunia
Negara Tertua di Dunia Simak daftar negara tertua di dunia

 

MEDAN, kaldera.id – Tahukah kamu mana negara tertua di dunia? Yap, belajar sejarah peradaban memang mengasyikan, apalagi sudah terjadi ratusan tahun lalu.

Rupanya, peradaban kita saat ini adalah hasil signifikansi yang menakjubkan dari masa lalu.

Negara Tertua di Dunia Simak daftar negara tertua di dunia berikut ini yang sejarah peradabannya mempengaruhi peradaban saat ini:

1. Mesir
Mesir dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia karena memiliki sejarah yang panjang dan peradaban yang maju. Pada sekitar tahun 3100 SM, Mesir Kuno mengalami penyatuan politik di bawah pemerintahan Raja Menes, yang menandai awal Dinasti Pertama Mesir.

Setelah itu, Mesir berkembang menjadi kerajaan yang kuat dan stabil yang bertahan selama ribuan tahun. Mesir Kuno mengalami berbagai periode politik dan budaya, termasuk periode Kerajaan Lama, Kerajaan Pertengahan, dan Kerajaan Baru.

Pada akhirnya, Mesir Kuno menghadapi penaklukan oleh berbagai kekuatan asing, termasuk Kekaisaran Persia, Aleksander Agung dari Makedonia, dan Kekaisaran Romawi.

2. India
India dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia dengan sejarah yang panjang dan kaya. Negara ini telah menjadi tempat perkembangan peradaban selama ribuan tahun. India telah menjadi tempat peradaban kuno yang penting, terutama peradaban Lembah Indus.

Peradaban ini berkembang sekitar 2600 hingga 1900 SM di wilayah yang sekarang menjadi bagian barat laut India dan Pakistan.

3. Afghanistan

Afghanistan dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia dengan sejarah yang kaya dan kompleks. Wilayah yang sekarang menjadi Afghanistan telah dihuni sejak zaman prasejarah, dengan bukti-bukti arkeologis yang menunjukkan keberadaan manusia purba sejak 50.000 tahun yang lalu.

Afghanistan secara historis terletak di persimpangan rute perdagangan yang penting antara Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Selatan. Sebagai hasilnya, wilayah ini telah menjadi pusat peradaban dan diinvasi oleh berbagai kekuatan asing sepanjang sejarahnya.

4. Tiongkok atau China
Tiongkok, juga dikenal sebagai Republik Rakyat Tiongkok, adalah salah satu negara tertua di dunia dengan sejarah yang panjang dan kaya. Negara ini memiliki peradaban yang berakar lebih dari 5.000 tahun.

Tiongkok telah menyaksikan berbagai dinasti dan perubahan politik, serta berkontribusi secara signifikan dalam bidang seni, ilmu pengetahuan, dan filsafat.

Peradaban Tiongkok kuno ditandai oleh penciptaan tulisan, pengembangan sistem pemerintahan yang terorganisir, serta kontribusi penting dalam bidang pertanian, teknologi, dan arsitektur.

Tiongkok juga terkenal karena peradaban kuno seperti Dinasti Zhou, Dinasti Qin (yang
melahirkan kaisar pertama Tiongkok, Qin Shi Huang), Dinasti Han, dan Dinasti Tang.

5. Georgia
Giorgia (Georgia) bukanlah negara tertua di dunia, tetapi merupakan salah satu negara dengan sejarah yang sangat kaya dan panjang.

Georgia terletak di wilayah Kaukasus, di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Sejarah negara ini dapat ditelusuri kembali lebih dari 3.000 tahun.

Georgia memiliki warisan budaya yang kuat dan memiliki sistem tulisan yang kuno. Bahasa Georgia, yang telah digunakan selama ribuan tahun, memiliki alfabet sendiri yang disebut “Asomtavruli,” yang dikembangkan pada abad ke-5 Masehi.

6. Ethiopia
Ethiopia adalah negara yang memiliki sejarah yang sangat kaya dan dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia.

Terletak di Afrika Timur, Ethiopia memiliki sejarah yang panjang dan beragam, dengan bukti kehidupan manusia di wilayah tersebut yang dapat ditelusuri kembali hingga zaman prasejarah.

Sejarah Ethiopia dikaitkan dengan Kerajaan Aksum, yang berdiri sekitar abad ke-1 Masehi dan bertahan hingga abad ke-8 Masehi.

7. Yunani
Yunani adalah salah satu negara di Eropa yang dianggap sebagai negara tertua di dunia. Warisan budaya dan sejarah Yunani yang kaya bahkan memiliki signifikansi besar untuk peradaban setelahnya.

Yunani dianggap sebagai tempat kelahiran demokrasi, filsafat, teater, dan berbagai kontribusi lainnya terhadap peradaban Barat.

Sejarah Yunani dapat ditelusuri kembali hingga zaman prasejarah, dengan bukti-bukti kehidupan manusia yang telah ditemukan sejak 270.000 tahun yang lalu.

Namun, periode yang paling terkenal dalam sejarah Yunani adalah zaman kuno, terutama masa kejayaan pada abad ke-5 SM yang dikenal sebagai Zaman Keemasan Yunani.

Pada saat itu, kota Athena menjadi pusat kebudayaan dan intelektual, dan terjadi perkembangan dalam seni, sastra, filsafat, dan ilmu pengetahuan. (kompas)