Tiba di Belawan, Tiga ABK KM Kelud Positif Covid-19

Tiba di Belawan, Tiga ABK KM Kelud Positif Covid-19
Tiba di Belawan, Tiga ABK KM Kelud Positif Covid-19

MEDAN, kaldera.id – Tiga orang anak buah kapal (AB) KM Kelud yang tiba di Belawan pada Senin (13/4/2020) malam dinyatakan positif Covid 19 berdasarkan hasil rapid test.

“Hasil rapid test tadi malam, ada tiga ABK yang dinyatakan positif Covid-19,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah, Selasa (14/4/2020).

Setelah dilakukan pemeriksaan, ketiga ABK langsung dibawa ke RS Martha Friska Medan untuk menjalani isolasi dan perawatan.

Aris menyebut, pemeriksaan terhadap ABK dilakukan setelah KM Kelud tiba di Belawan. Namun, tidak seluruhnya menjalani rapid test dikarenakan sebagian diantara mereka sudah menjalaninya saat berada di Batam.

“Tidak semua diperiksa, karena sebagian sudah diperiksa di Batam. Tetapi semua dikarantina di atas kapal,” katanya.

Dengan begitu, total ABK KM Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dinyatakan positif Covid-19 berjumlah 43 orang.

Dimana 40 ABK dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani rapid test di Batam, dan tiga orang lainnya di Pelabuhan Belawan.

Tak hanya ABK, 35 orang penumpang dari kapal ini juga dikarantina selama empat hari usai turun dari kapal. Kemudian akan dijemput untuk melanjutkan karantina di wilayah masing-masing selama 14 hari.

“Kalau nggak salah ada 35 orang penumpang, dan sudah kita karantina di PTPN 3 di Sungai Karang. Kemudian nanti dilanjutkan di wilayah masing – masing” kata Aris. (finta rahyuni)