MUI Sarankan Keluarga Diberi Kesempatan Berziarah Dengan Tetap Mengedepankan Protokol Kesehatan

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution di Sekretariat MUI Medan, Rabu (1/7/2020).
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution di Sekretariat MUI Medan, Rabu (1/7/2020).

MEDAN, kaldera.id – Ketua MUI Kota Medan, Mohammad Hatta menyampaikan, sebagai ulama dirinya meminta kepada Pemko Medan dalam penanganan Covid-19 khususnya dalam protokoler pengurusan jenazah agar dapat disederhanakan dan lebih memikirkan aspek psikologis pihak keluarga.

Artinya pihak keluarga dapat diberi kesempatan untuk berziarah dan mendoakan jenazah tapi tetap dalam batas Protokoler Kesehatan.

“Hal ini tentunya dapat menjadi masukan bagi Pemko Medan, karena banyak keluhan masyarakat yang keluarganya meninggal akibat Covid-19 sulit untuk mengurus dan melihat jenazah,” jelasnya saat berdiskusi dengan Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution di Sekretariat MUI Medan, Rabu (1/7/2020).

Terkait sosialisasi adaptasi kebiasaan baru, Hatta mengungkapkan bahwa untuk lebih mengefektifkan peraturan, setiap Kecamatan harus memiliki masjid sebagai contoh dalam penerapan protokoler kesehatan. Artinya pihak Kecamatan dan MUI kecamatan dapat turun ke masjid tersebut guna menerapkan Protokoler Kesehatan bagi warga.

“Nantinya warga yang akan memasuki masjid dihimbau untuk mengenakan masker. Jika ada warga yang tidak mengenakan masker, maka pihak Kecamatan membagikan masker kepada warga tersebut. Selain itu dipintu masuk juga disediakan handSanitizer atau tempat mencuci tangan. Nantinya masjid ini akan menjadi contoh bagi masjid lainnya,” katanya

Dia menambahkan, upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam penanganan Covid-19 sudah sangat baik.

Hanya saja kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan belum maksimal. Oleh karenanya MUI Kota Medan siap dan bersedia membantu Pemko Medan dalam mensosialisasikan Perwal Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi agar masyarakat lebih sadar dalam mentaati protokoler kesehatan.

Sementara itu, Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengungkapkan, kedatangannya untuk meminta dukungan dan masukan MUI Kota Medan membantu mengatasi Covid-19.

Selain itu meminta bantuan MUI Kota Medan mensosialisasikan Perwal Kota Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru pada pandemi Covid-19

“Apabila masyarakat patuh dan dapat menjalankan perwal ini dengan ikhlas, Insha Allah penularan Covid-19 dapat segera diatasi dan kita dapat hidup seperti sedia kala,” ungkap Akhyar.

Pemko Medan juga meminta masukan apabila ada langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (reza sahab)