Pemprov Sumut Targetkan Minggu Ketiga Februari Lansia Divaksin Covid-19

Pemprov Sumut menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) yang akan dilaksanakan pada bulan ketiga Februari ini
Pemprov Sumut menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) yang akan dilaksanakan pada bulan ketiga Februari ini

MEDAN, kaldera.id- Pemprov Sumut menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) yang akan dilaksanakan pada bulan ketiga Februari ini.

Langkah vaksinasi lansia ini dilakukan setelah terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use authoruzation (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia diatas 60 tahun.

“Setelah nakes (tenaga kesehatan) kan dia yang 60 tahun ke atas. Rencananya kalau jadwal dari kementerian Minggu ketiga bulan Februari. Ini jadwal dari kementerian ya, soal bagaimana implementasinya lain lagi,” ujar Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan kepada wartawan, Senin (8/2/2021).

Setelah itu, kata Alwi, Pemprov Sumut juga akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada petugas publik usai pelaksanaan vaksin terhadap lansia selesai.

BACA JUGA :  Sehidup Semati, 9 Jenazah Dikuburkan di Dua Liang Lahat

“Kemudian yang pekerja publik antara lain TNI, Polri, ASN dan juga pelaku pasar, perbankan termasuk pers. Semua yang banyak bersentuhan dengan publik,” tambah Alwi.

Kelompok yang akan divaksin ini, lanjut Alwi akan menyesuaikan data dari Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sebagai panitia nasional. Data ini diambil dari data BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dan provider.

“Nanti itulah diramu. Nanti dapatlah orangnya by name by address dan penyakit-penyakitnya,” sambungnya.

Alwi sendiri belum bisa memastikan kapan vaksin Covid-19 akan kembali diterima oleh Pemprov Sumut. Pasalnya kata Alwi, sisa vaksin yang ada di kementerian tinggal 2 ribu dosis.

“Sekarang itu kan vaksin di kementerian itu tinggal 2 ribu sesuai vidcon dengan pak menteri. Jadi sekarang diproduksi dan kemungkinan selesainya awal Maret,” pungkasnya. (finta rahyuni)