Kasatpol PP Urung Dilantik, Profesor USU Jadi Kadis Pendidikan

Ternyata 13 Jabatan Tinggi Pratama (Eselon II) yang dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut)
Ternyata 13 Jabatan Tinggi Pratama (Eselon II) yang dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut)

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi akhirnya melantik Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Pemprov Sumut yang baru saja di lelang. Dari tota 13 jabatan yang dilantik ada nama Profesor USU, Syaifuddin yang dilantik untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan.

Pelantikan itu berdasarkan keputusan Gubernur Sumut nomor 821.22/569/2021 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sumut. Mereka yang diangkat juga berdasarkan rekomendasi dari KASN.

Prosesi pelantikan digelar di aula rumah dinas gubernur, Jala Jenderal Sudirman, Kamis (18/2/2021). Turut mendampingi Wakil Gubernur, Musa Rajekshah dan Sekdaprovsu, R Sabrina.

Namun, untuk jabatan Kasatpol PP tidak ikut dilantik. Pasalnya, Pemprov Sumut memang mengusulkan kembali nama untuk jabatan Kasatpol PP, karena nama yang sebelumnya diusulkan, yaitu Kolonel Azhar Mulyadi tidak mendapat rekomendasi oleh KASN karena merupakan tentara aktif.

Sedangkan untuk jabatan Kadisdukcapil hingga hari ini belum juga menerima SK pengangkatan dari Kemendagri.

Afifi Lubis yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebelum dilantik Kepala BKD yang baru mengatakan bahwa Pemprov Sumut saat ini masih menunggu rekomendasi dari KASN untuk Jabatan Kasatpol PP usai sebelumnya direvisi.

“Dengan demikian, untuk Satpol PP itu saat ini sedang dilakukan permohonan rekomendasi kembali karena adanya perubahan tadi kepada pihak KASN,” ujar Afifi.

Ia juga menegaskan bahwa nama yang diusulkan adalah peserta yang lulus seleksi hingga tahap akhir, bukan lagi nama Kolonel Azhar Mulyadi.

“Tetapi tetap saja hasil dari lelang yang sudah dilaksanakan, orang nya tetap. Itu yang sedang diajukan ke KASN untuk memperoleh rekomendasi kembali. Nanti andaikata rekomendasi telah terbit, maka akan di SK kan oleh gubernur untuk dilaksanakan pelantikannya,” jelas Afifi.

(finta rahyuni)

Berikut nama- nama pejabat yang dilantik:

1. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat: Rita Tavip Megawati

2. Kepala Biro Organisasi: Aprilla Haslantini Siregar

3. Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa: Mulyono

4. Kepala Biro Administrasi Pembangunan: Zulkifli

5. Kepala Dinas Perkebunan: Lies Handayani Siregar

6. Kepala Dinas Kehutanan: Herianto

7. Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi: Bambang Pardede

8. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga: Ardan Noor

9. Kepala Dinas Koperasi dan UKM: Suherman

10. Kepala Badan Kepegawaian Daerah: Faisal Arif Nasution

11. Kepala Dinas Lingkungan Hidup: Tengku Amri

12. Kepala Dinas Pendidikan: Syaifuddin

13. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman: Supryanto