Suhu Tak Sesuai, Sejumlah Daerah di Sumut Belum Bisa Terima Vaksin Moderna

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah
Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah

MEDAN, kaldera.id- Sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) terpaksa belum bisa menerima vaksin dosis ketiga jenis moderna yang akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan, hal ini disebabkan suhu penyimpanan vaksin moderna tidak sesuai dengan sejumlah kab/kota. Sebab, suhu penyimpanan moderna, kata Aris harus sekitar minus 30 derajat Celcius.

Sehingga, bagi kab/kota yang tidak sesuai tersebut harus menyesuaikan terlebih dahulu tingkat suhu yang dibutuhkan untuk vaksin moderna.

“Untuk dosis ketiga permasalahannnya itu adalah tempat penyimpanannya, karena kita ketahui korum ini kan minus 30 derajat Celcius untuk moderna. Jadi kab/kota terpaksa harus menyiapkan korum baru mengambil vaksinnya,” jelas Aris, Rabu (11/8/2021).

Dijelaskan Aris, hingga saat ini baru ada sekitar 6 kab/kota yang sudah mengambil vaksin moderna. Ia sendiri tidak menjelaskan secara detail daerah mana saja yang sudah mengambil itu.

BACA JUGA :  Dengarkan Arahan Kapolri dan Panglima TNI, Pemkab Langkat Siap Cegah Covid-19

Namun, fasilitas fasilitas kesehatan vertikal seperti Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik sudah menerima vaksin moderna tersebut.

“Secara detail saya tidak tahu, tapi yang pasti itu daerah Tapanuli seperti Tapteng, Taput itu sudah ambil,” jelasnya.

Selain itu, capaian nakes yang sudah menerima vaksin moderna juga masih rendah. Baru ada sekitar ratusan orang dari total 79 ribu nakes yang divaksin.

“Capaiannya untuk dosis 3 ini masih rendah diangka ratusan orang dari 70 ribu nakes,” sebut Aris.

Sedangkan, tingkat capaian vaksinasi kedua bagi masyarakat saat ini masih pada angka 10 persen.

“Angka dosis kedua sudah mulai naik ya, sudah hampir 10 persen dari sebelumnya 6 persen. Karena sekarang kita fokus ke dosis dua,” pungkasnya. (finta rahyuni)