Dispora Sumut Lepas Perajin Buku Laklak dan Kopi Seleksi Pemuda Pelopor di Kemenpora

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) optimistis nominator Pemuda Pelopor dari Sumatera Utara akan meraih hasil terbaik dalam seleksi di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta.
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) optimistis nominator Pemuda Pelopor dari Sumatera Utara akan meraih hasil terbaik dalam seleksi di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta.

MEDAN, kaldera.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) optimistis nominator Pemuda Pelopor dari Sumatera Utara akan meraih hasil terbaik dalam seleksi di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta.

“Kami ucapkan selamat dan semoga sukses pada adinda Agunarta Syarifuddin Manik dan adinda Jelita Tambunan yang mewakili Provinsi Sumut untuk seleksi Pemuda Pelopor di Jakarta,” kata Kadispora Sumut, Ir Ardan Noor, MM, diwakili Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Budi Syahputra, S.Pd, MSi, saat melepas Aguntara dan Jelita, Jumat (22/10/2021).

Jelita merupakan Pemuda Pelopor utusan Kab Samosir, sedangkan Agunarta berasal dari Kab Simalungun. Keduanya dilepas oleh Kadispora Sumut, Kabid Layanan Kepemudaan, Tim Pencari Fakta (Fact Finding) Pemuda Pelopor 2021 antara lain, M Tohir, S.Pd yang juga Kabid Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Dr Fakhrur Rozi, M.I.Kom (Praktisi Media, Akademisi), Raikhana Syahbi, SE (Kasi Penyadaran Pemuda Dispora) dan Dwi Widodo (Kasi Pengembangan Pemuda Dispora).

“Keberhasilan Jelita dan Aguntara menembus seleksi nasional ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak baik di Pemkab Samosir, Pemkab Simalungun dan Tim Fact Finding Pemuda Pelopor 2021 yang berhasil menemukan potensi Kepemudaan yang berkelas nasional bahkan internasional, kata Budi.

Jelita dan Agunarta merupakan kandidat Pemuda Pelopor 2021 dari Sumut

Ketua Tim Fact Finding Pemuda Pelopor 2021, M Tohir, menyebutkan Jelita dan Agunarta, merupakan kandidat Pemuda Pelopor 2021 dari Sumut. Setelah dilakukan penilaian oleh tim, maka dari 10 kandidat, ada 4 yang diusulkan ke Kemenpora. Setelah Kemenpora melakukan penilaian lagi, maka Jelita dan Agunarta yang lolos untuk di seleksi secara nasional.

“Jelita dengan ‘Buku Laklak’ akan bersaing di Bidang Kepeloporan Agama, Sosial, dan Budaya. Sementara Agunarta dengan ‘Saabas Coffee’ di Bidang Kepeloporan SDA, Lingkungan dan Pariwisata,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Raikhana Syahbi, yang juga Ketua Panitia Seleksi Daerah Pemuda Pelopor, menyampaikan, secara kepeloporan, baik Jelita dan Agunarta, merupakan contoh konkret dari pemuda yang produktif dan kreatif. “Kami yakin, dengan dukungan dan doa masyarakat Sumut khususnya Simalungun dan Samosir, Sumut akan berjaya di Pemuda Pelopor 2021,” pungkasnya.(finta rahyuni)