Mugus Pramuka USU, WR I: Bertransformasi untuk Jadi Gugus Depan Unggul di Indonesia

Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Edy Ikhsan, mewakili Rektor USU secara resmi membuka Musyawarah Gugus (Mugus) Depan Kota Medan 08.137 dan 08.138 Pangkalan USU yang diselenggarakan pada Jumat (22/10/2021) di ex-Aula LPPM USU, Jalan Dr Mansyur.
Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Edy Ikhsan, mewakili Rektor USU secara resmi membuka Musyawarah Gugus (Mugus) Depan Kota Medan 08.137 dan 08.138 Pangkalan USU yang diselenggarakan pada Jumat (22/10/2021) di ex-Aula LPPM USU, Jalan Dr Mansyur.

MEDAN, kaldera.id- Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Edy Ikhsan, mewakili Rektor USU secara resmi membuka Musyawarah Gugus (Mugus) Depan Kota Medan 08.137 dan 08.138 Pangkalan USU yang diselenggarakan pada Jumat (22/10/2021) di ex-Aula LPPM USU, Jalan Dr Mansyur.

“Rektor menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Musyawarah Gugus Depan Kota Medan ini. Beliau berharap agar Musyawarah ini dapat menjadi momentum untuk melakukan refleksi atas hal-hal yang telah dikerjakan pada periode yang lalu, sekaligus mengevaluasi kembali tujuan yang belum tercapai berikut berbagai kendala yang ada,” sebut Edy.

Mugus juga akan menetapkan agenda kerja pada periode selanjutnya

Edy juga menyebutkan, selain refleksi dan evaluasi, Mugus juga akan menetapkan agenda kerja pada periode selanjutnya, dengan mempertimbangkan prioritas, peluang sekaligus tantangan yang ada, sembari mempersiapkan diri untuk menyongsong periodesasi selanjutnya.

“Kita semua berharap potensi Pramuka USU dapat dimaksimalkan untuk bertransformasi menjadi salah satu gugus depan perguruan tinggi unggul di Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan Mugus, jelas Edy adalah kegiatan kepramukaan orang dewasa dalam Gerakan Pramuka, khususnya di tingkat Gugus Depan, yang dilaksanakan sebagai forum evaluasi kinerja para pengurus. Pelaksanaan Mugus ini merupakan wadah untuk menentukan arah dan perencanaan sebuah gugus depan, melalui serangkaian program untuk menunjang misi serta mencapai visinya.

“Berbagai hal telah dipersiapkan pimpinan USU dalam upaya meningkatkan eksistensi Pramuka USU, di mana atas arahan Rektor USU, Pramuka USU akan diberikan tanggung jawab untuk dapat mengelola area di kawasan Kampus II Kwala Bekala. Pramuka USU diharapkan dapat memaksimalkan fasilitas tersebut yang berkenaan dengan implementasi Dasa Darma, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia” katanya.

Rektor USU juga mendorong kiprah Pramuka USU dalam melakukan pelayanan pada masyarakat melalui program desa binaan, berkolaborasi dengan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU.

Hal tersebut dapat dikolaborasikan dengan nilai kepramukaan yang terkandung dalam Tri Satya sebagai kode etik Gerakan Pramuka. Maka, peran dan tanggungjawab yang diemban oleh Pramuka perguruan tinggi menjadi lebih banyak dan lebih meluas.

Rektor berharap agar potensi sivitas akademika USU dapat lebih dimaksimalkan

“Untuk mencapai tujuan tersebut, Rektor berharap agar potensi sivitas akademika USU dapat lebih dimaksimalkan. Melalui forum Mugus yang nantinya akan mengagendakan pemilihan Ketua Gugus Depan periodesasi selanjutnya, kami berharap, potensi sivitas akademika baik dari dosen maupun tenaga kependidikan dapat dimaksimalkan,” sebut Edy.

Dalam kesempatan tersebut disebutkan pula Rektor USU menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi, prestasi dan kinerja yang telah dilakukan oleh jajaran ketua dan pembina gugus depan pada periodisasi sebelumnya.

Hadir pada acara tersebut Ketua LPPM USU Prof Dr Tulus, Vor Dipl Math, MSi, PhD, Perwakilan Kwartir Cabang Kota Medan, Ketua Kwartir Ranting Medan Baru, jajaran Majelis Pembimbing Gugus Depan, pembina serta peserta didikPramuka USU. (finta rahyuni)