Konferensi MUI Libatkan Umara dan TNI-Polri Wujudkan Sumatera Utara Bermartabat

Konferensi dan Silaturahim Ulama, Umara, TNI-Polri berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan (12/11).
Konferensi dan Silaturahim Ulama, Umara, TNI-Polri berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan (12/11).

MEDAN, kaldera.id – Konferensi dan Silaturahim Ulama, Umara, TNI-Polri berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan (12/11). Bertemakan mengokohkan kerjasama ulama, umara, TNI-Polri mewujudkan Sumatera Utara bermartabat. Selaku keynote speaker Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tegaskan untuk berkolaborasi demi kemaslahatan umat dan menyejahterakan rakyat Sumatera Utara.
“Pertemuan ini menjadi temu ramah dan media ulama, umara, serta TNI-Polri agar aman kondusif dan bermartabat. Maka, sinergi menjadi satu hal yang penting untuk kemaslahatan umat dan martabat Sumatera Utara,” kata Edy.

Dalam pertemuan itu juga, Edy mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan harus diadakan minimal tiga kali dalam setahun.

“Ini kegiatan yang sangat penting. Tidak cukup satu kali pertemuan. Minimal ada tiga kali dalam setahun. Saya selaku umara, akan di hisab panjang apabila saya tidak di kawal oleh ulama, untuk itu saya ingin ulama harus tetap mengawal umara dan berikan teguran jika silap dari ketentuan.
Disamping itu, Selaku Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak, turut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.
“Terima kasih kepada panitia karena melalui kegiatan ini bisa merekatkan hubungan ulama, umara, serta TNI-Polri,” ucap Maratua.

Maratua berharap agar sinergi antar keempat elemen ini bisa menciptakan sinergi yang baik tanpa ada kecurigaan satu sama lain.
“Dari upaya sinergi antar keempat elemen kita harapkan bisa tercipta sinergi yang baik dan saling mendukung tanpa ada was-was ataupun kecurigaan satu sama lain,” harapnya.

Terkait rangkaian kegiatan ini, Dr. Asren Nasution selaku Ketua Panitia sekaligus salah satu wakil ketua umum MUI Sumut berharap pertemuan ini menjadi temu ramah dan sekaligus media bagi keempatnya.

“Harapannya pertemuan ini mampu membawa ulama, umara, TNI-Polri mewujudkan situasi yang aman, kondusif, serta bermartabat. Kemaslahatan umat dan martabat anak bangsa adalah hal yang utama,” harap Asren.

Acara dibuka dengan pembawaan doa yang dibawakan oleh Dr. Zikmal Fuad, MA yang merupakan tuan guru basilam.

Dalam kegiatan ini, empat narasumber sengaja dihadirkan dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A, membahas Peran Ulama/Cendikiawan Dalam Membangun Peradaban Masyarakat yang Bermartabat.

Kolonel Toto Raharjo yang mewakili Pangdam I Bukit Barisan membahas Relasi, Peran serta Tugas dan Tanggng Jawab Ulama-TNI Dalam Sistem Pertahanan Negara

Mewakili Kapolda Sumut, AKBP Budiman, fokus membahas tentang Relasi, Peran, Tugas, serta Tanggung Jawab Ulama-Polri Dalam Mewujudkan Kamtibnas.

Serta, mewakili ulama, Dr. H. Maratua Simanjuntak membahas tentang
Peran Ulama Mendorong Percepatan Sumut Bermartabat.(yogo tobing)